RADV Tetap Kompetitif Untuk AMD Radeon Vulkan Windows Driver, Linux OpenGL Mendominasi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Saat ini saya sedang mengerjakan perbandingan baru kinerja Windows vs. Linux untuk prosesor hybrid Intel Alder Lake karena sejumlah pembaca menanyakan bagaimana dukungan OS telah berkembang. Dalam proses melakukan pengujian tersebut, saya juga menjalankan beberapa pengujian Windows vs. Linux yang baru dengan AMD Radeon RX 6800 XT untuk mengetahui performa driver OpenGL dan Vulkan. Sementara artikel yang akan datang difokuskan pada kinerja CPU Alder Lake, saya mengambil kesempatan untuk menjalankan beberapa tes grafis Radeon cepat juga. Microsoft Windows 11 Pro dengan semua pembaruan yang tersedia pada minggu lalu berjalan melawan Ubuntu 22.04 LTS – keduanya pada kernel Linux 5.15 sahamnya dan kemudian ditingkatkan ke Linux 5.18 stabil untuk kumpulan data tambahan.

Intel Core i9 12900K dengan kecepatan standar digunakan untuk pengujian dengan motherboard ASUS ROG STRIX Z690-E GAMING WIFI, memori DDR5-6000 2 x 16GB, SSD WD_BLACK SN850 NVMe 500GB, dan Radeon RX 6800 XT (sayangnya masih kekurangan RX perangkat keras seri 6900). Stok Mesa 22.0.1 di Ubuntu 22.04 LTS menyediakan dukungan driver AMD RadeonSI OpenGL dan RADV Vulkan. Driver Vulkan “RADV” open-source modern yang dikerjakan oleh Red Hat, Valve, dan kontributor lainnya terus menunjukkan daya saingnya terhadap driver Windows AMD Radeon Software Vulkan. GravityMark digunakan untuk putaran cepat ini karena ini lintas platform dengan dukungan kualitas yang baik/mirip di Windows dan Linux, tolok ukur yang cukup menuntut, dan memanfaatkan ekstensi Vulkan modern: Seperti yang telah kita lihat (dan ditunjukkan di artikel sebelumnya) , kinerja driver RADV Vulkan tidak hanya bersaing dengan driver Radeon Software Linux dan AMDVLK sebagai opsi driver Vulkan open-source resmi AMD, tetapi kinerjanya juga dapat bersaing dengan driver Windows dalam kasus perangkat lunak lintas platform yang tepat. Bahkan game Steam Play juga bisa bersaing tetapi bukan fokus artikel singkat ini hari ini. Sementara kinerja OpenGL di bawah Windows jelas terus mengikuti Linux dengan RadeonSI: Driver Windows OpenGL AMD terus tertinggal dari driver RadeonSI yang merupakan driver OpenGL Linux open-source resmi AMD untuk GCN (Radeon HD 7000 series) dan yang lebih baru. RadeonSI jauh melampaui driver AMD OpenGL yang sudah tua. AMD dikabarkan akan memperkenalkan driver OpenGL baru/yang dikerjakan ulang untuk Windows akhir tahun ini… Jadi akan menarik untuk melihat dalam beberapa bulan ke depan rincian lebih lanjut tentang driver Windows 22H2 itu dan bagaimana performanya terhadap OpenGL open-source driver Linux. Itu saja untuk perbandingan satu halaman cepat hari ini… Pengujian lebih menyeluruh dan dengan lebih banyak game akan datang setelah driver AMD Windows baru siap untuk ketersediaan umum, tetapi singkat cerita RadeonSI terus menghancurkan AMD Windows saat ini Driver OpenGL dan RADV terus menunjukkan daya saingnya terhadap driver Vulkan resmi AMD.

Itulah berita seputar RADV Tetap Kompetitif Untuk AMD Radeon Vulkan Windows Driver, Linux OpenGL Mendominasi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.