Raspberry Pi OS Sekarang Didukung oleh Linux 5.15 LTS, Mendapat Eksperimental Wayland Backend


The Raspberry Pi Foundation merilis versi baru dari distribusi Raspberry Pi OS (sebelumnya Raspbian) GNU/Linux untuk komputer single-board Raspberry Pi kecil yang membawa versi kernel Linux yang lebih baru dan banyak perbaikan.

Versi baru dari Raspberry Pi OS hadir sedikit lebih dari dua bulan setelah yang sebelumnya dan ini adalah yang pertama akhirnya mengubah versi kernel dari Linux 5.10 LTS ke Linux 5.15 LTS dalam upaya untuk menyediakan beberapa fitur baru kepada pengguna yang tidak ada di seri kernel sebelumnya.

Linux kernel 5.15 .30 disertakan secara default dalam rilis baru Raspberry Pi OS, meskipun Anda harus tahu bahwa Linux 5.15 hanya akan didukung hingga Oktober 2023 sementara kernel Linux 5.10 LTS akan didukung hingga Desember 2026.

Selain versi kernel baru, versi baru Rilis Raspberry Pi OS menghapus pengguna “pi” default karena fakta bahwa pengguna sekarang dipaksa untuk membuat akun pengguna baru selama wizard boot pertama dan menambahkan sc rename-user baru ript untuk mengizinkan pengguna mengganti nama pengguna yang ada dengan me-reboot sementara.

Wizard boot pertama (piwiz) sekarang dapat berjalan dalam sesi terpisah sebagai pengguna yang berbeda dengan grafik yang berbeda dan fitur pemasangan otomatis untuk perangkat mouse dan keyboard Bluetooth yang dapat ditemukan.

Selanjutnya, fitur Overscan tidak lagi memerlukan restart dan sekarang dikelola oleh xrandr di bawah KMS, dan pengguna sekarang dapat mengaturnya secara independen untuk kedua monitor, kontrol sakelar GTK3 sekarang digunakan sebagai ganti tombol radio berpasangan, dan utilitas Pi Greeter di-porting ke GTK3.

Perubahan menarik lainnya dalam rilis OS Raspberry Pi baru ini adalah dukungan awal untuk backend Wayland eksperimental, yang dapat diaktifkan pengguna dari utilitas baris perintah raspi-config di opsi lanjutan. lagi menawarkan opsi Penggandaan Piksel saat menggunakan driver KMS dan tidak lagi menawarkan opsi Pengelola Komposisi saat warisan d sungai sedang digunakan.

Di antara perubahan penting lainnya, Raspberry Pi OS sekarang menampilkan jendela yang lebih intuitif dan perilaku siklus aplikasi, akselerasi perangkat keras FFmpeg yang lebih baik, dukungan untuk tampilan interlaced di arandr, serta kemampuan utilitas LXInput untuk mengingat penundaan keyboard dan ulangi pengaturan di seluruh reboot. Rilis ini juga memperbaiki berbagai gangguan grafis, crash, masalah deteksi otomatis keyboard Raspberry Pi, dan bug lain yang ada di rilis sebelumnya. Selain itu, browser web Chromium telah diperbarui ke versi 98.0.4758.106 dan OpenJDK 17 sekarang default ke ‘klien’ JVM untuk kompatibilitas ARMv6.
Download Raspberry Pi OS 2022-04-04

Sumber: Google, 9to5linux.com