Raspberry Pi “V3DV” Open-Source Driver Menutup Pada Vulkan 1.2

Baru Oktober lalu driver V3DV Mesa mencapai kesesuaian Vulkan 1.1 untuk driver open-source Broadcom Vulkan ini yang paling sering digunakan oleh Raspberry Pi 4 dan yang lebih baru. Sekarang Vulkan 1.2 sudah di depan mata.
Sepertinya driver V3DV Mesa akan segera melewati ambang batas dukungan Vulkan 1.2 dan sekali lagi akan mengejar kesesuaian resmi Vulkan CTS dengan The Khronos Group.
Iago Toral dari perusahaan konsultan Igalia yang telah bekerja dengan geng Raspberry Pi pada driver Vulkan ini menyampaikan kabar baik. Uji coba dengan Vulkan 1.2 telah dilakukan pada Raspberry Pi 4 dan “berjalan dengan sangat baik” hanya dengan beberapa kegagalan pengujian.
Segera mereka berharap dapat mengirimkan hasil suite uji kesesuaian V3DV Vulkan 1.2 mereka setelah menyelesaikan beberapa masalah yang tersisa.
Raspberry Pi 4 dalam CooliPi 4B.

Ada juga beberapa fitur opsional Vulkan 1.2 yang harus dilihat termasuk fitur-fitur di sekitar pengindeksan deskriptor dan shader float16 int8. Namun, ekstensi alamat perangkat buffer opsional tidak dapat didukung tanpa peretasan karena GPU Broadcom V3D hanya mendukung alamat 32-bit dan bukan nilai 64-bit seperti yang ditentukan oleh spesifikasi. Ada juga sejumlah ekstensi opsional lainnya yang tidak dapat diimplementasikan karena kurangnya dukungan perangkat keras.
Detail lebih lanjut tentang tonggak driver Raspberry Pi Vulkan yang akan datang ini melalui blog Igalia.

Itulah berita seputar Raspberry Pi “V3DV” Open-Source Driver Menutup Pada Vulkan 1.2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.