Red Hat Enterprise Linux 9.0 GA Sekarang Resmi Tersedia

Minggu lalu Red Hat mengumumkan di Red Hat Summit bahwa RHEL9 akan mencapai GA dalam beberapa minggu mendatang sementara hari ini secara resmi melewati ambang itu.
Red Hat Enterprise Linux 9.0 sekarang secara resmi tersedia untuk pelanggan Red Hat sebagai stabil, membangun RHEL9 beta yang tersedia sejak akhir tahun lalu. Red Hat Enterprise Linux 9 dikirimkan dengan banyak komponen perangkat lunak yang diperbarui dan berasal dari CentOS Stream. Di bagian depan versi, RHEL9 memiliki GCC 11 sebagai kompiler sistem default, Python 3.9, RPM 4.16, PHP 8.0, kompiler LLVM / Rust / Go yang diperbarui, sejumlah besar pengoptimalan, OpenSSL 3, Ruby 3.0, dan banyak lagi untuk dinikmati dengan ini rilis utama untuk pengguna Linux perusahaan. Linux 5.14 adalah kernel yang digunakan oleh RHEL 9.0 meskipun dengan berbagai port belakang kernel.
Red Hat Enterprise Linux 9 juga menghadirkan peningkatan SELinux, peningkatan virtualisasi, kemampuan container/cloud baru, kompresi paket RPM Zstd, kebijakan kripto seluruh sistem lebih aman, dan membuat paket seperti nmstate lebih inklusif dengan terminologi/bahasanya.

Lihat pengumuman Red Hat hari ini untuk detail RHEL 9.0. Pelanggan dapat mengunduh RHEL 9.0 dari Portal Pelanggan Red Hat dengan langganan RHEL aktif. Ada juga catatan rilis 9.0 dengan sorotan teknis tambahan untuk pembaruan sistem operasi Linux perusahaan besar ini.
Dengan tidak adanya CentOS (non-Stream), alternatif komunitas populer AlmaLinux dikatakan sedang mempersiapkan rilis terakhir AlmaLinux 9.0 mereka yang dapat siap segera minggu depan sebagai versi gratis RHEL 9.0 yang dibangun kembali.

Itulah berita seputar Red Hat Enterprise Linux 9.0 GA Sekarang Resmi Tersedia, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.