RISC-V Dengan Linux 5.19 Mempersiapkan Mode “COMPAT” Untuk Aplikasi 32-bit Pada Kernel 64-bit & Lainnya

Dengan Linux 5.18 diharapkan akan dirilis sebagai stabil besok dan membuka jendela penggabungan Linux 5.19, pekerjaan fitur yang ditujukan untuk kernel berikutnya ini sebagian besar harus diselesaikan. Di dalam cabang “untuk-selanjutnya” arsitektur RISC-V ada beberapa tambahan yang menarik.
Untuk siklus Linux 5.19, kode lengkung RISC-V membawa pekerjaan kompatibilitas awal untuk memungkinkan aplikasi ruang pengguna RISC-V 32-bit berjalan pada kernel RISC-V 64-bit, pekerjaan ekstensi RISC-V baru, mendukung sistem kexec_file panggilan, dan lainnya. Di bawah ini adalah sorotan utama.
– Dukungan untuk kexec_file di RISC-V. Kexec_file_load adalah panggilan sistem Kexec yang lebih baru untuk kernel Linux. RISC-V telah menyediakan dukungan Kexec sebagai sarana untuk memungkinkan pemuatan dan booting ke kernel lain dari kernel yang sedang berjalan. Panggilan sistem kexec_file berbasis file dan bergantung pada deskriptor file yang diteruskan untuk kernel dan initramf daripada daftar segmen.
– Sistem spinlock berbasis tiket baru yang menggunakan atom generik dan tidak memerlukan banyak dari sistem memori seperti qspinlocks agar adil.
– Dukungan “COMPAT” awal untuk dapat menjalankan mode-U 32-bit pada kernel 64-bit pada konfigurasi mode-S. Dukungan COMPAT ini untuk dapat menjalankan aplikasi ruang pengguna 32-bit pada kernel RISC-V 64-bit.
– Dukungan untuk ekstensi “Svpbmt” untuk “Mode Pengawas: Jenis Memori Berbasis Halaman” untuk menyediakan halaman yang dapat ditandai sebagai non-cacheable dan/atau I/O. Sebagai bagian dari penggabungan, juga memungkinkan dukungan untuk tipe memori atribut tabel halaman Allwinner D1. Selain itu seri tambalan ini juga memperkenalkan opsi “RISCV_ALTERNATIVE” karena dapat secara otomatis menambal errata yang diperlukan oleh platform eksekusi saat run-time. Penambalan kode ini dilakukan selama tahap boot sistem. Kerangka kerja “ALTERNATIF” RISC-V ini diperkenalkan karena implementasi tipe memori D1 Allwinner berbeda dari spesifikasi Svpbmt akhir.
Lihat cabang patch RISC-V berikutnya yang diantrekan di depan jendela penggabungan Linux 5.19 yang akan segera terjadi.

Itulah berita seputar RISC-V Dengan Linux 5.19 Mempersiapkan Mode “COMPAT” Untuk Aplikasi 32-bit Pada Kernel 64-bit & Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.