RISC-V Mendapat Ekstensi Baru Di Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu lalu adalah rangkaian utama pembaruan RISC-V untuk Linux 6.0 yang mencakup peningkatan dukungan Svpbmt, konfigurasi kernel default yang lebih kuat, dan peningkatan lainnya. Satu set sekunder pembaruan arsitektur CPU RISC-V kini telah digabungkan untuk Linux 6.0.
Kumpulan pembaruan RISC-V kedua untuk jendela gabungan Linux 6.0 ini mencakup ekstensi baru dan pekerjaan lainnya.
Dukungan Zicbom telah digabungkan. Zicbom adalah ekstensi operasi manajemen blok cache RISC-V dan bagian dari operasi Cache Management Operations (CMO) mereka yang lebih luas untuk arsitektur. Integrasi kernel memungkinkan penggunaan Zicbom untuk menangani pembersihan cache dan operasi terkait manajemen cache lainnya. Kernel Linux juga disesuaikan untuk menangani operasi manajemen cache non-standar pada Allwinner D1 SoC.
Zihintpause juga digabungkan untuk digunakan sebagai instruksi lambat di cpu_relax(). Zihintpause diratifikasi tahun lalu sebagai cara untuk memberikan “petunjuk jeda” dan dimaksudkan untuk membantu mengurangi konsumsi energi perangkat keras RISC-V dan meningkatkan kinerja putaran tunggu dan banyak lagi.
Sstc adalah ekstensi RISC-V baru lainnya yang sekarang didukung untuk manajemen pengatur waktu/penghitung mode pengawas.
Rangkaian pembaruan RISC-V kedua untuk Linux 6.0 ini juga mencakup pembersihan DeviceTree, berbagai perbaikan dan pembersihan pada driver RISC-V PMU, dan perubahan lainnya.
Kumpulan perubahan RISC-V terbaru untuk kernel Linux, yang telah digabungkan, dapat ditemukan melalui permintaan tarik ini.

Itulah berita seputar RISC-V Mendapat Ekstensi Baru Di Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.