Rust For Linux Kernel v9 Patch Memangkas Banyak Hal Untuk Upstreaming Lebih Mudah

  • Post author:
  • Post category:Linux

Awal minggu ini, patch Rust for Linux v8 diposting yang memperkenalkan sejumlah abstraksi baru dan memperluas integrasi bahasa pemrograman Rust ke lebih banyak area kernel. Patch tersebut berjumlah 43,6 ribu baris kode baru sementara “Rust for Linux v9” telah diposting hari ini dan hanya 12,5 ribu baris kode baru.
Rust untuk Linux v9 secara signifikan lebih kecil daripada patch sebelumnya karena menghapus banyak fitur dan integrasi tambahan. Harapannya sekarang adalah untuk mengambil rute awal yang lebih minimal dengan integrasi Rust untuk Linux hingga pengarusutamaan awal itu dan kemudian dari sana dapat membangun berbagai hal dengan integrasi yang ditingkatkan dan memungkinkan lebih banyak tinjauan/umpan balik yang terlibat dari berbagai abstraksi dan patch khusus subsistem.
Pengembang utama Rust untuk Linux, Miguel Ojeda, berkomentar dengan tambalan v9:
“Ini adalah v8 yang dipangkas. Ini memiliki dukungan yang cukup untuk mengkompilasi modul kernel Rust minimal, dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan “inti” terlebih dahulu dan kemudian memulai upstreaming sisanya sepotong demi sepotong.
Modul kernel dapat membuat `Vec` (tipe array yang berdekatan dan dapat ditumbuhkan), mendorong beberapa angka dan mencetaknya saat dibongkar ke log kernel dengan makro `pr_info!`.
Seri tambalan dapat dibuat lebih minimal dengan menghapus sebagian dari itu juga, tetapi ini tampak seperti keseimbangan yang baik.
Setelah rezim diet, 3% dari peti `kernel` tetap (hingga 500 baris), 60% dari `alloc`, dan komit “adapt `alloc`” adalah 100 baris. Secara keseluruhan, kami melaju dari 40 hingga 13 klines.
Sebagian besar kode telah ada di linux-next selama beberapa bulan sekarang, tetapi untuk memangkas hal-hal saya harus melakukan perubahan kecil. Bagaimanapun, beri tahu saya jika pilihan ini sesuai dengan apa yang Anda harapkan. “Dengan tambalan v9 yang jauh lebih sedikit dan tetap berpegang pada dasar-dasarnya, akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan izin pada arus utama pada waktu yang tepat. Linus Torvalds ingin segera menggabungkannya, jadi kita akan melihat apakah pekerjaan yang disederhanakan ini sekarang cukup baik sehingga Linus Torvalds dapat melanjutkan dan menggabungkannya selama minggu depan untuk jendela penggabungan Linux 6.0.

Rust dapat segera melengkapi C sebagai bahasa yang didukung untuk pengembangan driver kernel Linux.

Itulah berita seputar Rust For Linux Kernel v9 Patch Memangkas Banyak Hal Untuk Upstreaming Lebih Mudah, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.