Rust-Written Redox OS 0.8 Dirilis Dengan Dukungan i686, Audio & Multi-Display Bekerja

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah lebih dari setengah tahun pengembangan, Redox OS 0.8 dirilis hari ini sebagai versi terbaru dari sistem operasi sumber terbuka yang ditulis oleh Rust dari awal. Redox OS 0.8 adalah pembaruan besar yang menghadirkan dukungan x86 32-bit, audio dan dukungan multi-tampilan awal, dukungan perangkat keras yang lebih baik pada umumnya, dan banyak peningkatan lainnya. Sorotan utama untuk Redox OS 0.8 meliputi: – Dukungan untuk i686 / 32-bit x86 telah ditambahkan dan diharapkan “berfungsi secara umum” pada perangkat keras sebenarnya. Ini juga termasuk mengerjakan audio AC`97 dan driver IDE yang umum untuk perangkat keras era i686. – Peningkatan dukungan untuk 64-bit Arm (AArch64) dan melakukan booting pada QEMU tetapi belum bekerja pada perangkat keras AArch64 yang sebenarnya. – Dukungan beberapa tampilan, memungkinkan firmware menyediakan informasi penyangga bingkai yang tepat. Ini masih dilakukan dengan menggunakan driver VESA. – Dukungan audio “umumnya” berfungsi dan driver Intel HD Audio sekarang diaktifkan secara default. – Driver penyimpanan NVMe sekarang mendukung perangkat keras nyata dengan lebih baik. – Gambar OS Redoks yang sama sekarang dapat bekerja pada sistem BIOS dan UEFI. – Refactoring sistem build untuk meningkatkan dukungan multi-arsitektur dari pohon sumber yang sama. Detail lebih lanjut tentang semua perubahan Redox OS 0.8 baru yang mengilap melalui change-log dan pengumuman rilis ditemukan di Redox-OS.org. Dengan v0.8, hanya ISO x86_64 yang tersedia dengan gambar i686 dan AArch64 yang memerlukan pekerjaan tambahan.

Saya mencoba sebentar Redox OS 0.8… Saya menggunakan HP Dev One yang berhasil mem-boot USB, tetapi ketika mencapai desktop dengan cepat menyadari bahwa dukungan trackpoint tidak berfungsi atau fungsi mouse USB. Untuk saat ini para pengembang merekomendasikan untuk mencoba Redox OS di dalam mesin virtual.

Itulah berita seputar Rust-Written Redox OS 0.8 Dirilis Dengan Dukungan i686, Audio & Multi-Display Bekerja, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.