Rusticl Menunjukkan Awal Yang Baik Untuk Rust OpenCL Di Mesa – Mungkin Mendukung SYCL Di Masa Depan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Digabungkan bulan lalu ke Mesa 22.3 adalah Rusticl sebagai implementasi OpenCL yang ditulis Rust untuk Gallium3D yang mulai bekerja dengan driver Radeon Linux open-source, driver Intel “Iris” Gallium3D, dan lainnya. Ini juga merupakan komponen pertama yang ditulis Rust dalam basis kode Mesa. Karol Herbst dari Red Hat yang telah memimpin pengembangan Rusticl mempresentasikan minggu ini di Minnesota tentang implementasi OpenCL lintas-vendor yang menjanjikan ini yang juga dapat mendukung SYCL di masa depan.
Saya sangat senang dengan Rusticl dan kemajuan pesatnya selama beberapa bulan terakhir. Kemarin di Konferensi Pengembang X.Org (XDC 2022), Karol Herbst berbicara tentang driver Mesa yang baru digabungkan ini. Sebagian besar sejarah akan akrab bagi pembaca Phoronix sementara beberapa poin penting dari pembicaraan tersebut termasuk:
– Rusticl jauh lebih baik daripada driver Gallium3D “Clover” lama yang telah ada di Mesa selama satu dekade tetapi memiliki beberapa tahun dan kompatibilitas perangkat lunak yang buruk.
– Karol mencirikan pengalaman belajar Rust ini dengan menulis Rusticl sebagai “pengalaman pengembangan yang sangat menyenangkan” dan memuji benang Rust dan desain keamanan memori. Dia menyebut API threading Rust sebagai “kegembiraan”.

– Rusticl sesuai dengan OpenCL untuk grafis Intel 12th Gen (Xe) pada Iris dan dengan driver RadeonSI untuk GPU AMD modern.
– Rusticl mendukung gambar OpenCL dan bekerja dengan perangkat lunak yang dipercepat OpenCL seperti The GIMP, Darktable, dan lainnya.
– Karol sedang mengerjakan sejumlah perbaikan termasuk pengurangan overhead peluncuran kernel, meningkatkan pemanfaatan GPU, lebih banyak fitur OpenCL opsional, dan mungkin mendukung SYCL di masa depan. Menargetkan standar SYCL sumber tunggal C++ menarik terutama dengan Intel yang sekarang sangat merangkul SYCL untuk akselerasi GPU lintas-vendor dengan oneAPI.

Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Rusticl di Mesa 22.3 dapat melihat presentasi Karol yang disematkan di bawah serta dek slide terkait.

Itulah berita seputar Rusticl Menunjukkan Awal Yang Baik Untuk Rust OpenCL Di Mesa – Mungkin Mendukung SYCL Di Masa Depan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.