SDL Mencoba Lagi Memilih Wayland Daripada X11

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pada awal tahun, SDL berusaha untuk memilih Wayland daripada X.Org/X11 berkat dukungan Wayland yang semakin matang untuk lapisan abstraksi perangkat lunak/perangkat keras yang banyak digunakan ini oleh banyak game lintas platform. Namun perubahan itu kemudian dikembalikan karena tantangan ekosistem di sekitar Wayland. Sekarang menjelang akhir tahun, SDL kembali mencoba memilih Wayland daripada X11.
Ethan Lee telah menggabungkan kembali perubahan untuk lebih memilih Wayland daripada X11, saat perpustakaan SDL dibuat dengan dukungan Wayland diaktifkan. Harapannya sekarang kode SDL dan kode driver / kompositor / ekosistem terkait Wayland yang lebih luas lebih matang dan cukup baik untuk digunakan secara default daripada menggunakan rute X11/XWayland. Tentu saja, beberapa game mungkin masih memiliki ketergantungan X11 yang sulit untuk ditangani sendiri.

Perubahan telah digabungkan ke SDL mainline Git. SDL Git adalah tempat pengembangan SDL3 sekarang dimulai.
Perubahan Wayland atas X11 ini secara default adalah perubahan yang bagus untuk rilis SDL 3.0 yang melanggar, di mana banyak kode lama/usang dihapus, peningkatan API, kemungkinan PipeWire secara default, dan perubahan signifikan lainnya sedang dibuat untuk SDL3 seperti apa yang akan menjadi peningkatan modernisasi besar-besaran atas SDL2 yang sangat sukses.

Itulah berita seputar SDL Mencoba Lagi Memilih Wayland Daripada X11, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.