Sensor ASUS Berumur Pendek Driver Linux Dihapus Demi Alternatif Yang Lebih Baik

  • Post author:
  • Post category:Linux

Diutamakan ke kernel Linux kurang dari satu tahun yang lalu adalah “asus_wmi_ec_sensors” untuk mendukung pembacaan sensor suhu / kecepatan kipas / CPU saat ini pada berbagai motherboard ASUS yang lebih baru. Driver itu sekarang sedang dihapus karena driver superior mengambil alih tugas membaca sensor motherboard ASUS.
Diperkenalkan segera setelah driver asus_wmi_ec_sensors — secara harfiah beberapa minggu kemudian — adalah ASUS_EC_Sensors sebagai driver yang lebih fleksibel dan lebih cepat untuk pembacaan sensor pada motherboard yang sama (dan motherboard yang lebih baru) dan sensor yang sama. Daripada menanyakan antarmuka WMI pada motherboard, kode driver ASUS_EC_Sensors membaca dari pengontrol tertanam secara langsung, yang membuatnya lebih cepat. ASUS juga akhirnya menghentikan antarmuka WMI pada motherboard terbarunya.
Jadi dalam waktu yang sangat singkat driver ASUS EC Sensors terbukti lebih kuat daripada driver asus_wmi_ec_sensors sementara lebih kompatibel ke depan dan lebih cepat pada pembacaan sensor kecepatan termal / daya / kipas pada motherboard ASUS Intel dan AMD. Jadi sekarang setelah membuktikan dirinya, sudah waktunya untuk driver yang lebih tua untuk dihapus dari kernel Linux.
Komunitas open-source terus bekerja untuk meningkatkan cakupan sensor pada motherboard ASUS serta dari vendor lain. Tak satu pun dari driver dalam artikel ini yang dikelola oleh insinyur ASUS.

Perubahan hwmon-berikutnya menjelang pembukaan jendela penggabungan Linux 6.1 hanya dalam waktu satu bulan mematikan driver ASUS yang lebih lama.
Driver ini menggunakan antarmuka WMI yang ditemukan di papan ASUS seri AMD 500, untuk membaca register EC. Tetapi ternyata ASUS meninggalkan antarmuka, karena menghilang dari papan seri Intel 600. Selain itu, antarmuka WMI sangat lambat. Oleh karena itu driver ini tidak digunakan lagi dan digantikan dengan driver asus_ec_sensors, yang mendukung lebih banyak board, lebih banyak sensor, dan lebih cepat. Menghapus driver yang tidak digunakan lagi ini akan meringankan kernel hampir 700 baris kode. Daftar motherboard yang saat ini didukung oleh driver ASUS EC Sensors modern saat ini meliputi:
* PRIME X470-PRO
* PRIME X570-PRO
* Pro WS X570-ACE
* WIFI ProArt X570-CREATOR
* ROG CROSSHAIR VIII DARK HERO
* ROG CROSSHAIR VIII HERO (WI-FI)
* FORMULA ROG CROSSHAIR VIII
* PAHLAWAN ROG CROSSHAIR VIII
* DAMPAK ROG CROSSHAIR VIII
* PAHLAWAN ROG MAXIMUS XI
* ROG MAXIMUS XI HERO (WI-FI)
* PERMAINAN ROG STRIX B550-E
* ROG STRIX B550-I GAMING
* PERMAINAN ROG STRIX X570-E
* ROG STRIX X570-E GAMING WIFI II
* GAMING ROG STRIX X570-F
* ROG STRIX X570-I GAMING
* ROG STRIX Z690-A GAMING WIFI D4
* ROG ZENITH II EXTREMERincian lebih lanjut tentang driver modern melalui dokumentasi ini.

Itulah berita seputar Sensor ASUS Berumur Pendek Driver Linux Dihapus Demi Alternatif Yang Lebih Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.