Sistem File ZoneFS Untuk Melihat Beberapa Peningkatan Dengan Linux 5.19

Kembali pada tahun 2019, Western Digital mengumumkan pekerjaan mereka di ZoneFS sebagai sistem file Linux baru yang hanya dirancang untuk kasus penggunaan khusus dan berjalan pada perangkat blok yang dikategorikan. Tidak banyak kode yang berputar di sekitar ZoneFS di sejumlah rilis kernel sejak digabungkan kembali pada tahun 2020 sedangkan untuk Linux 5.19 musim panas ini sejumlah perbaikan/perbaikan telah mengantre.
ZoneFS Western Digital digarisbawahi kembali di Linux 5.6 tetapi sejak itu tidak ada terlalu banyak tambahan penting untuk kode driver sistem file ini. ZoneFS bukan sistem file konvensional yang sesuai dengan POSIX tetapi lebih mirip dengan menawarkan perangkat blok mentah dengan semantik blok yang dikategorikan. ZoneFS mengekspos zona perangkat blok yang dikategorikan sebagai file dan dikelompokkan berdasarkan jenis zona. Ini adalah pendekatan yang sangat berbeda dari sistem file Linux konvensional dengan banyak dari mereka menawarkan dukungan perangkat blok yang dikategorikan. Tujuannya adalah agar ZoneFS digunakan untuk kasus penggunaan khusus seperti untuk penanganan yang lebih baik dari struktur pohon gabungan berstruktur log yang digunakan oleh orang-orang seperti RocksDB dan LevelDB. Detail teknis lebih lanjut tentang ZoneFS dapat ditemukan melalui dokumentasi kernel.
Visual Western Digital di Damien Le Moal dari ZoneFS.

Western Digital yang telah memimpin sebagian besar pekerjaan ZoneFS sejak upstreaming dan berfungsi sebagai pengelola telah membentuk cabang Git “untuk-5.19”. Di sana ia telah mengantri sejumlah perbaikan dan peningkatan lainnya yang akan ditujukan untuk Linux 5.19 musim panas ini. Di antara pekerjaan itu adalah mengekspos informasi sumber daya zona terbuka melalui sysfs, akuntansi file seq aktif, dan peningkatan lainnya.
Kita juga akan melihat patch apa lagi yang mungkin akan diantrekan ke cabang for-5.19 ini dalam beberapa minggu ke depan dengan jendela penggabungan Linux 5.19 yang tidak dibuka hingga akhir Mei. Bagaimanapun, ada baiknya melihat WD masih mengerjakan peningkatan pada ZoneFS.

Itulah berita seputar Sistem File ZoneFS Untuk Melihat Beberapa Peningkatan Dengan Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.