Slax 11.2 Dirilis Setelah Lebih dari 2 Tahun dengan Dukungan Boot EFI untuk Perangkat USB

  • Post author:
  • Post category:Linux


Slax tidak mati! Pengembang dan pencipta Slax Tomas Matejicek hari ini mengumumkan ketersediaan umum Slax 11.2, rilis pertama dari distribusi minimalis ini dalam lebih dari dua tahun.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, Slax 11.2 adalah pembaruan utama dari distribusi portabel ini, yang pernah diturunkan dari Slackware Linux. Sekarang, ini didasarkan pada Debian GNU/Linux dan menggunakan manajer jendela Fluxbox yang ringan.

Rilis baru ini berasal dari seri sistem operasi “Bullseye” Debian GNU/Linux 11 terbaru dan terbaik dan menjalankan seri kernel Linux 5.10 LTS yang didukung jangka panjang . Lebih khusus lagi, Slax 11.2 didukung oleh kernel Linux 5.10.92.

Beberapa fitur utama Slax 11.2 termasuk dukungan boot EFI untuk perangkat USB, dukungan AUFS penuh untuk mempertahankan dukungan untuk modul Anda yang sudah ada dari versi Slax sebelumnya, Connman sebagai aplikasi default untuk mengelola koneksi jaringan alih-alih Wicd, yang juga menyediakan dukungan koneksi Wi-Fi yang lebih baik.

Beberapa aplikasi default telah diubah. Slax sekarang menggunakan PCManFM sebagai pengelola file default, Kalkulator GNOME sebagai aplikasi kalkulator default, SciTE sebagai editor teks default, XArchiver sebagai pengelola arsip default, LXTask sebagai pengelola tugas default, dan XTerm sebagai emulator terminal default. juga hadir dengan pintasan di desktop, tetapi tidak diinstal. Saat diklik, pengguna akan diminta untuk menginstalnya dari repositori, proses otomatis yang terjadi di latar belakang.

Selain itu, rilis Slax baru memungkinkan dukungan “klik dengan ketukan” untuk touchpad dan dikirimkan dengan utilitas xinput untuk mendaftar dan menanyakan perangkat input yang tersedia, dan untuk mengubah pengaturan perangkat input.

Jika Anda mencari distribusi minimalis yang sepenuhnya berjalan dari stik USB dan mendukung sistem 64-bit dan 32-bit, Anda dapat mengunduh Slax 11.2 sekarang juga dari resmi situs web. Lihat changelog lengkap untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang disertakan dalam rilis baru.
Download Slax 11.2

Sumber: Google, 9to5linux.com