Software Lukisan Digital Open-Source Krita 5.0 Resmi Dirilis, Ini Yang Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


The Krita Foundation hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Krita 5.0 sebagai pembaruan besar untuk perangkat lunak lukisan digital yang kuat, gratis, sumber terbuka, dan lintas platform ini.

Krita 5.0 adalah pembaruan besar-besaran yang menghadirkan banyak fitur dan peningkatan baru, mulai dengan cara yang sepenuhnya diubah dan ramah sumber daya untuk menangani kuas, gradien, palet, dan penandaan, editor storyboard bawaan, perekam bawaan sehingga Anda dapat dengan mudah merekam sesi melukis Anda, dan dukungan untuk file gambar AVIF dan WebP format.

Rilis Krita besar baru ini juga memperkenalkan mesin sikat baru berdasarkan MyPaint, sepenuhnya mengubah mesin sikat noda, meningkatkan gradien untuk membuatnya lebih halus dan menangani gamut yang lebih luas, dan merombak sistem Animasi dengan fitur-fitur baru seperti topeng transformasi animasi dan bingkai klon .

Juga baru di Krita 5.0 adalah opsi baru untuk mengekspor gambar GIF, APNG, dan WebP, kemampuan untuk menerapkan filter pada semua bingkai yang dipilih, dukungan untuk r rendering animasi dari komposisi buruh pelabuhan, ruang kerja animasi baru, serta mode “AutoKey Blank” baru untuk mempercepat alur kerja animasi Anda.

Selain itu, ia hadir dengan perilaku pengaturan render yang ditingkatkan dengan menyimpan jalur ekspor animasi langsung di setiap dokumen dan pengaturan Krita , kemampuan untuk memotong hanya konten dari frame saat ini, backend dan caching animasi yang ditingkatkan, peningkatan Brush Preset History, dan slider yang direfaktorisasi.

Antarmuka pengguna menerima banyak perhatian selama siklus pengembangan Krita 5.0, yang membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menyelesaikannya. . Rilis baru memungkinkan Anda melepaskan editor kuas dari bilah alat, mendukung tema yang diinstal pengguna di Linux dan pemilihan gaya widget, menambahkan dukungan untuk warna tema ke Pemilih Warna untuk latar belakang, memungkinkan Anda mengunci dok, dan menambahkan opsi untuk menyembunyikan otomatis kontrol di ikhtisar docker.

Alat baru juga hadir dalam rilis ini, seperti asisten perspektif 2 titik, fitur area batas untuk asisten, dan pratinjau transformasi dalam tumpukan. Juga, ada kemampuan rotasi baru di alat Rectangle dan Ellipse, palet pop-up yang jauh lebih baik, opsi Pangkas Kanvas baru di alat Pangkas, opsi tambahan untuk pemanggilan alat sementara, dan peningkatan pada alat Pemilih Warna Serupa.

Among perubahan penting lainnya, ada kemampuan untuk menarik dan melepaskan warna ke kanvas dan pohon lapisan, kemampuan untuk memfilter lapisan berdasarkan nama, kemampuan untuk menempel langsung ke lapisan aktif, mode isolasi “Isolate Active Group” baru yang membuat arus kelompokkan satu-satunya hal yang terlihat, solo lapisan non-destruktif, add-on pengekspor batch GDQuest, plugin photobash, dukungan untuk pengikatan SIP 5, panning satu jari, pemilihan otomatis filter penskalaan yang sesuai, dan banyak lagi.

Anda dapat mengunduh Krita 5.0 sekarang dari situs web resmi sebagai AppImage yang dapat Anda jalankan di hampir semua distribusi GNU/Linux tanpa menginstal apa pun di komputer pribadi Anda. Anda juga dapat menginstalnya sebagai Flatpak dari Flathub atau sebagai biner DEB di Ubuntu, Linux Mint, OS dasar, atau turunan Ubuntu lainnya menggunakan Krita Lime PPA. Tentu saja, kode sumber juga tersedia untuk diunduh dari situs web resmi.

Kredit gambar: Krita Foundation

Sumber: Google, 9to5linux.com