Software Suite KDE Gear 21.12 Dirilis sebagai Pembaruan Besar-besaran, Inilah Yang Baru


Proyek KDE hari ini merilis rangkaian perangkat lunak KDE Gear 21.12 untuk lingkungan desktop KDE Plasma dan proyek lainnya, menambahkan banyak fitur baru dan peningkatan pada aplikasi KDE favorit Anda.

Setelah beberapa bulan pengembangan, KDE Gear 21.12 sekarang siap untuk penyebaran massal dengan pengelola file Dolphin yang lebih baik yang sekarang memudahkan untuk menemukan dan mengidentifikasi file dan folder, menampilkan pratinjau untuk file buku komik .cbz yang berisi gambar WebP, dan meningkatkan pembesaran ikon.

Dolphin juga merupakan salah satu aplikasi KDE pertama yang mengadopsi yang baru mekanisme untuk menyimpan data status volatil, seperti posisi dan ukuran jendela, ke dalam file konfigurasi terpisah, bukan file yang secara eksplisit menyimpan pengaturan yang dapat dikonfigurasi. Lebih banyak aplikasi KDE akan mengadopsi fitur baru utama ini di pembaruan mendatang.

Emulator terminal Konsole akhirnya menyertakan Manajer SSH, dukungan gulir sentuh penuh, dan dilengkapi dengan bilah alat yang ditingkatkan dan disederhanakan.

Pemutar musik Elisa memiliki opsi yang lebih ramping dan antarmuka yang diubah, editor teks Kate sekarang memungkinkan pengguna membuka banyak tab dalam tampilan terminal yang disematkan, dan menawarkan integrasi Git yang lebih baik. Pembaca umpan berita Akregator sekarang memungkinkan Anda menelusuri artikel yang ditandai sebagai telah dibaca dan mempermudah pembaruan feeds.

KDE Gear 21.12 juga meningkatkan utilitas tangkapan layar Spectacle untuk memberikan pengaturan yang lebih ringkas kepada pengguna, termasuk kemampuan untuk mengatur tindakan saat dimulai up, serta dukungan warna 10-bit per saluran dan dukungan untuk fitur pengambilan “Jendela Aktif” di Wayland.
Kdenlive adalah editor video terbaik yang tidak dapat Anda beli (karena gratis).
Editor video Kdenlive yang andal menerima banyak fitur baru juga, termasuk Peredam Kebisingan baru untuk efek audio Suara yang dapat menghilangkan kebisingan latar belakang dari video Anda, alat pelacak gerakan yang ditingkatkan, dan banyak barang lainnya untuk proyek video mengagumkan Anda berikutnya.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Gear 21.12 meningkatkan Penampil gambar Gwenview untuk memberi tahu pengguna tentang ruang disk yang akan digunakan gambar sebelum menerapkan perubahan apa pun padanya, memperbarui KDE Connect agar Anda dapat mengirim pesan hanya dengan menekan E nter, dan menambahkan dukungan untuk sertifikat kesehatan COVID-19 dan data vaksinasi ke aplikasi asisten perjalanan digital Itinerary KDE.

Tapi tunggu, bukan itu saja! Program pengecatan KolourPaint memiliki tampilan dan nuansa yang lebih segar, aplikasi groupware Kontact membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mengonfigurasi sumber daya dan koleksi serta meningkatkan dukungan untuk akun Outlook, file Konqueror dan browser web sekarang menampilkan lebih banyak informasi tentang kesalahan sertifikat, dan kalkulator KCalc sekarang menunjukkan kepada Anda riwayat semua perhitungan terbaru Anda.

Terakhir, aplikasi pemindaian dokumen Skanlite sekarang memungkinkan Anda memindai dokumen langsung ke PDF satu halaman dan mengingat pemindai dan format gambar yang terakhir digunakan serta menawarkan “mode batch” baru ” untuk pemindai flatbed tanpa pengumpan dokumen otomatis, dan aplikasi penganalisa penggunaan disk Filelight sekarang menggunakan algoritme pemindaian sistem file multi-utas untuk operasi yang jauh lebih cepat. , memungkinkan Anda membuat arsip menggunakan UI utamanya, dan menangani arsip yang berisi file menggunakan jalur absolut, serta arsip zip yang berisi metadata menggunakan garis miring terbalik sebagai pemisah jalur.

Selanjutnya, penampil dokumen Okular sekarang memiliki dukungan untuk KHamburgerMenu dan dilengkapi dengan tombol zoom yang ditingkatkan, dan emulator terminal tarik-turun Yakuake mendapatkan pengaturan “Biarkan jendela tetap terbuka saat kehilangan fokus”.

Untuk detail selengkapnya tentang fitur dan peningkatan baru yang disertakan dalam KDE Gear 21.12, lihat halaman pengumuman rilis. Sementara itu, awasi repositori perangkat lunak yang stabil dari distro berbasis KDE Anda untuk paket 21.12 dan perbarui segera setelah tersedia untuk pengalaman Aplikasi KDE terbaik.

Kredit gambar: KDE Project

Sumber: Google, 9to5linux.com