Steam Deck Akan Diluncurkan Secara Resmi pada 25 Februari 2022


Valve hari ini mengumumkan bahwa perangkat game genggam bertenaga Steam Deck Linux mereka akan diluncurkan secara resmi pada 25 Februari 2022.

Diumumkan pada Juli 2021, Steam Deck berjanji untuk menjadi perangkat genggam game revolusioner yang didukung oleh sistem operasi SteamOS 3.0 Valve berbasis Arch Linux dan menampilkan KDE Plasma desktop environment.

Awalnya direncanakan untuk akhir tahun 2021, Valve menunda perangkat Steam Deck mereka yang akan datang untuk Februari 2022, tetapi sekarang perusahaan akhirnya mengungkapkan tanggal rilis resmi sebagai 25 Februari. Setelah tanggal ini, siapa pun akan dapat membeli perangkat dari toko online Valve.
“Pada 25 Februari, kami akan mengirimkan email pesanan batch pertama kepada pemegang reservasi,” kata Valve. “Unit pertama akan dalam perjalanan ke pelanggan mulai tanggal 28, dan kami berencana untuk merilis batch email pesanan baru pada irama mingguan.”
Jadi, jika Anda salah satu orang yang beruntung telah memesan perangkat Steam Deck, Anda sekarang tahu kapan harus mengharapkannya tiba di tangan Anda. Semakin cepat Anda membuat reservasi, semakin cepat Anda menerimanya, mungkin mulai pertengahan Maret mengingat pembatasan COVID-19 di seluruh dunia.

Sementara itu, Valve masih bekerja keras untuk “mengikat beberapa ujung longgar terakhir dan memoles beberapa tepi kasar” (mungkin terkait dengan pengiriman). Selain itu, mereka masih bekerja keras untuk mem-porting sebanyak mungkin game Windows ke Linux menggunakan teknologi Proton bawaan mereka berdasarkan Wine.

Word di jalan adalah bahwa rilis Proton utama akan tiba Jumat mendatang berdasarkan Wine 7.0 yang baru dirilis , yang menambahkan dukungan untuk GPU baru, implementasi stack dan joystick HID (Human Interface Device) yang ditingkatkan, driver Vulkan yang diperbarui, dan banyak perubahan lain untuk meningkatkan dukungan bagi sebagian besar game Windows.

Sekarang setelah kita mengetahui tanggal peluncuran resmi Steam Deck, kita juga tahu kapan harus mengharapkan Valve untuk merilis sistem operasi SteamOS 3.0 kepada semua orang yang tidak berencana untuk membeli perangkat Steam Deck tetapi yang ingin menginstal distro berbasis Arch Linux di komputer pribadi mereka untuk bermain game. Ini akan terjadi segera setelah peluncuran 25 Februari, menurut Valve.

Image credits: Valve

Sumber: Google, 9to5linux.com