Subsistem Akselerator Komputasi Diperkenalkan Untuk Linux 6.2

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ini sedang terjadi: subsistem akselerator komputasi “accel” yang baru sekarang dalam antrean untuk diperkenalkan dengan kernel Linux 6.2 setelah jendela penggabungan dibuka pada bulan Desember.
Dalam beberapa bulan terakhir, ada banyak pekerjaan pada subsistem yang diusulkan ini yang ditujukan untuk akselerator AI sejak konsensus tercapai di antara pengembang hulu untuk membangunnya dari subsistem Direct Rendering Manager (DRM) yang ada. Karena akselerator AI ini memiliki banyak kesamaan dengan GPU, masuk akal untuk menggunakan kembali sebanyak mungkin infrastruktur yang ada.
Oded Gabbay dari Intel / Habana Labs telah menyiapkan subsistem dan kerangka kerja awal. Driver AI “habanalabs” yang saat ini ada di dalam char/misc pada gilirannya diharapkan dapat diadaptasi ke subsistem akselerator ini. Ada juga beberapa driver perangkat keras terkait AI yang masih dalam proses yang sekarang diharapkan diadaptasi untuk subsistem ini daripada menargetkan char/misc atau DRM itu sendiri. Driver akselerasi tersebut tidak diharapkan datang hingga pasca-6.2 sementara setidaknya subsistem dan kerangka kerja ini sedang digarisbawahi sekarang untuk memudahkan pengenalan driver perangkat keras tersebut.

Semalam kode subsistem akselerator digabungkan ke DRM-Next sebelum jendela penggabungan Linux 6.2 dibuka dalam satu setengah minggu. Dengan itu sekarang datang melalui DRM-Next, itu akan ada untuk Linux 6.2 kecuali ada keluhan menit terakhir oleh Linus Torvalds.
Ini adalah fitur lain yang membuat Linux 6.2 semakin menarik dan akan menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai tahun 2023.

Itulah berita seputar Subsistem Akselerator Komputasi Diperkenalkan Untuk Linux 6.2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.