SUSE Menerbitkan Prototipe Pertama Platform Linux Adaptable (ALP)

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah insinyur SUSE/openSUSE mulai membicarakan Adaptable Linux Platform “ALP” sebagai fokus Linux enterprise generasi berikutnya, minggu lalu mereka membicarakan peluncuran “Les Droites” sebagai prototipe ALP publik pertama mereka. Hari ini prototipe itu sekarang hidup.
Prototipe ALP Les Droites dipromosikan memiliki fitur-fitur berikut:
– Perangkat Lunak: Salt pra-instal dan Ansible tersedia di repositori, memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi dan/atau mengelola sistem ALP dengan cara yang fleksibel dan gesit.
– Dukungan perangkat keras: Dasar arsitektur untuk ALP diatur ke x86_64-v2. Pertimbangan sebelumnya tentang x86_64-v3 ditolak setelah putaran umpan balik awal. Kami sedang mempertimbangkan dukungan x86_64-v3 dan mungkin v4 melalui fungsionalitas hwcaps.
– Enkripsi Disk Penuh Untuk memudahkan dalam pengujian ALP, awalnya integrasi Security Enhanced Linux (SELinux) dilonggarkan tetapi akan dibangun di versi mendatang.

Les Droites juga siap menangani beban kerja dalam container dengan Podman dan K3.
Kami sangat senang dengan prototipe pertama Platform Linux yang Dapat Diadaptasi, dengan semua fitur yang diimplementasikan dalam pendekatan baru untuk Linux Generasi Berikutnya ini, seperti mengisolasi beban kerja, memanfaatkan fitur CPU modern dengan baik, dan merampingkan kinerja perangkat keras.
Dengan pendekatan yang berpusat pada aplikasi, wadah, dan teknologi virtualisasi, pengguna yakin bahwa pembaruan atau perilaku yang tidak mengganggu mengganggu operasi reguler pada saat yang bersamaan. Anda dapat memutuskan kapan harus menambal sistem dan seberapa dalam Anda ingin masuk ke granularity, dari keamanan dan pembaruan rutin hingga penginstalan hanya-download dan manual. Informasi lebih lanjut tentang prototipe ALP publik awal ini melalui blog SUSE.

Itulah berita seputar SUSE Menerbitkan Prototipe Pertama Platform Linux Adaptable (ALP), semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.