SVT-AV1 1.4 & Rav1e 0.6 Dirilis Untuk Pengkodean AV1 Sumber Terbuka

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kemarin menandai rilis baru encoder video AV1 sumber terbuka SVT-AV1 dan Rav1e.
SVT-AV1 sebagai pembuat enkode AV1 yang awalnya dikembangkan oleh para insinyur Intel dan berfokus untuk memberikan kinerja enkode x86_64 bintang terus menjadi lebih baik.
Dengan SVT-AV1 1.4 ada perubahan untuk menghasilkan efisiensi kompresi yang lebih tinggi, preset M0 ke M12 telah disetel ulang menggunakan efisiensi pengkodean yang diperoleh untuk peningkatan kualitas vs. trade-off siklus, peningkatan penanganan parameter baris perintah, dan berbagai bug perbaikan dan pekerjaan pemeliharaan lainnya.
SVT-AV1 1.4 tersedia untuk diunduh dari GitLab. Akan menyenangkan untuk melihat seberapa baik performa SVT-AV1 1.4 sekarang di berbagai CPU Intel dan AMD.
Yang juga keluar hari ini adalah Rav1e 0.6 untuk encoder AV1 sumber terbuka yang ditulis oleh Rust ini. Karena sudah lebih dari satu tahun sejak Rav1e 0.5, ada banyak hal yang tersimpan meskipun log perubahan v0.6 belum selesai. Harapkan lebih banyak penyetelan kinerja dan bermacam-macam pengoptimalan lainnya dapat ditemukan dengan pembuat enkode Rav1e yang diperbarui ini. Pelacak proyek mencatat sejumlah pembersihan, penyetelan AArch64 NEON, percepatan, dan banyak lagi.

Itulah berita seputar SVT-AV1 1.4 & Rav1e 0.6 Dirilis Untuk Pengkodean AV1 Sumber Terbuka, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.