Tails 5.0 Anonymous OS Resmi Dirilis, Berdasarkan Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


Pengembang Tails dengan bangga hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Tails 5.0 sebagai versi utama dari distribusi berbasis Debian ini untuk penjelajahan anonim di Internet.

Sudah lebih dari dua setengah tahun sejak rilis seri Tails 4.x , yang didasarkan pada seri sistem operasi Debian GNU/Linux 10 “Buster”, dan Tails 5.0 hadir untuk memberi pengguna sistem yang lebih mutakhir berdasarkan seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye” terbaru .

Ini berarti bahwa beberapa komponen inti dan aplikasi default telah ditambahkan ke versi yang lebih baru dari repositori Debian GNU/Linux 11, termasuk lingkungan desktop GNOME, dari versi 3.30 hingga 3.38, yang sekarang disertakan dengan ikhtisar Aktivitas untuk mengakses jendela dan aplikasi.

Pembaruan aplikasi utama lainnya termasuk LibreOffice 7.0 office suite dari versi 6.1, penampil gambar GIMP 2.10.22 dari versi 2.10.8, editor Inkscape 1.0 SVG dari versi 0.92, audio Audacity 2.4.2 editor dari versi 2.2.2, serta alat penghapus metadata MAT 0.12 dari versi 0.8.

Paket baru telah ditambahkan di Tails 5.0 untuk memudahkan mengenkripsi teks dan file, yaitu Kleopatra, yang merupakan pengelola sertifikat dan antarmuka pengguna grafis untuk implementasi GnuPG yang populer dan gratis dari protokol OpenPGP.
“Applet OpenPGP tidak lagi dikembangkan secara aktif dan rumit untuk kami simpan di Tails. Utilitas Kata Sandi dan Kunci juga tidak terpelihara dengan baik dan pengguna Tails menderita terlalu banyak masalah hingga sekarang. Kleopatra menyediakan fitur yang setara dalam satu alat dan lebih aktif dikembangkan,” jelas devs.
Perubahan penting lainnya dari rilis Tails 5.0 termasuk pengaktifan fitur Perangkat Lunak Tambahan dari Persistent Storage secara default untuk mempermudah dan mempercepat pengguna mengkonfigurasi paket perangkat lunak tambahan, browser web anonim Tor Browser 11.0.11 terbaru, dukungan yang ditingkatkan untuk volume terenkripsi VeraCrypt, serta dukungan pencetakan dan pemindaian tanpa driver.

Untuk detail lebih lanjut dan daftar masalah yang diketahui, silakan kunjungi halaman pengumuman rilis, dari mana Anda juga dapat mengunduh Tails 5.0 sebagai citra ISO untuk dijalankan di mesin virtual atau citra USB untuk menulis distribusi pada flash drive USB. Rilis berikutnya, Tails 5.1, saat ini dijadwalkan untuk akhir bulan, pada 31 Mei 2022.
Download Tails 5.0

Sumber: Google, 9to5linux.com