Tampilan Pertama EndeavourOS ARM di Raspberry Pi 4

  • Post author:
  • Post category:Linux

Upaya ARM
EndeavourOS berubah menjadi lebih baik saat tim hari ini meluncurkan rilis ISO baru dari distribusi berbasis Arch Linux yang mengintegrasikan penginstal ARM baru untuk membuatnya lebih mudah untuk menginstal EndeavourOS ARM pada perangkat seperti Raspberry Pi 4.

EndeavourOS Artemis sudah keluar sekarang dan ini adalah rilis pertama dari distro berbasis Arch Linux yang datang dengan penginstal bawaan untuk EndeavourOS ARM Edition. Penginstal ARM baru terintegrasi ke dalam layar Selamat Datang yang Anda lihat saat memasuki sesi langsung dan hanya dengan satu klik untuk mencoba EndeavourOS di perangkat ARM.

Tim EndeavourOS mulai mengerjakan port ARM mereka untuk distribusi sekitar dua tahun lalu. Sampai saat ini penginstalan EndeavourOS di perangkat ARM mengharuskan Anda menulis image ISO EndeavourOS terbaru di kartu microSD, mengunduh skrip penginstalan EndeavourOS ARM, lalu menjalankan penginstal berbasis teks yang memiliki beberapa tahapan.

Skrip penginstal ARM sebelumnya, yaitu masih tersedia untuk perangkat yang tidak didukung, adalah untuk pengguna tingkat lanjut, tetapi sekarang siapa pun dapat mencoba EndeavourOS pada perangkat ARM yang didukung (Odroid N2/N2+ dan Raspberry Pi saat menulis artikel ini) berkat penginstal ARM baru, yang hanya membutuhkan beberapa clicks.

Awal tahun ini, pengembang EndeavourOS mengumumkan bahwa EndeavourOS ARM Edition mereka sekarang menawarkan opsi penginstalan 64-bit untuk komputer papan tunggal Raspberry Pi 4, yang saya gunakan dalam ulasan ini.
Instalasi
Instalasinya cukup mudah. Setelah Anda mengklik tombol “EndeavourOS ARM Image Installer” di layar Selamat Datang, Anda akan melihat dialog baru di mana Anda hanya perlu mengklik tombol “Start ARM Installer”.

Setelah itu, seluruh proses instalasi akan berlangsung di jendela terminal layar penuh, dalam mode teks. Di sana, Anda hanya perlu memilih perangkat ARM tempat Anda ingin menginstal EndeavourOS ARM (mis. Raspberry Pi 4 64-bit atau Odroid N2/N2+), pilih jenis sistem file (mis. EXT4 atau Btrfs), dan pilih kartu microSD .

Saat memilih kartu microSD, pastikan Anda menulis /dev/ di depan nama perangkat (mis. /dev/sdc). Itu saja, penginstal akan secara otomatis mengunduh gambar ARM EndeavourOS untuk perangkat Anda, mengekstraknya, menyinkronkannya, dan memberi tahu Anda bahwa nama pengguna dan kata sandi default adalah alarm dan kata sandi root default adalah root (untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkannya untuk sistem langsung).

Bagian terbaiknya adalah Anda dapat melakukan semua ini langsung dari ISO langsung, tanpa menginstal EndeavourOS di PC Anda!
Lingkungan langsung Openbox, penginstal Calamares
Dengan ini, Anda akan mendapatkan lingkungan langsung dasar yang menampilkan pengelola jendela Openbox dengan beberapa utilitas telah diinstal sebelumnya, tetapi penginstalan EndeavourOS ARM belum selesai karena layar pembuka baru memberi saya pilihan untuk menginstal EndeavourOS edisi resmi atau komunitas. Selain itu, saya dapat mengubah cermin untuk memilih lokasi yang lebih dekat dengan saya untuk proses instalasi yang lebih cepat.

Menginstal edisi resmi atau komunitas akan menjalankan penginstal grafis Calamares yang dimodifikasi di mana Anda dapat memilih lingkungan desktop favorit Anda dan paket tambahan untuk menginstal, mengkonfigurasi pengguna default untuk sistem, dan memilih bahasa default dan tata letak keyboard, sama seperti instalasi EndeavourOS normal.

Installer akan mengunduh paket yang diperlukan dan menginstalnya melalui sesi langsung, yang tidak dapat Anda lakukan untuk digunakan setelah instalasi semu selesai. Itu saja, setelah sistem di-boot ulang, Anda akan dapat menikmati distribusi ARM EndeavourOS baru Anda di perangkat bertenaga ARM Anda.
Conclusion
Terima kasih kepada penginstal ARM baru yang terintegrasi ke dalam citra ISO langsung EndeavourOS, saya yakin EndeavourOS ARM Edition akan segera menjadi sangat populer di kalangan penggemar Arch Linux/EndeavourOS/ARM.

Secara pribadi, saya hanya mencoba lingkungan desktop Xfce dan, seperti yang Anda lihat dari gambar unggulan, tampilan dan rasanya luar biasa. Semuanya tampak berfungsi dengan baik di komputer Raspberry Pi 4, termasuk Wi-Fi dan Bluetooth, pemutaran YouTube Full HD, dll., seperti yang diharapkan dari EndeavourOS.

Tim EndeavourOS melakukan pekerjaan luar biasa dengan penginstal ARM baru dan seluruh ekosistem di sekitarnya Edisi ARM EndeavourOS, dan saya yakin ini baru permulaan karena mereka sekarang harus mulai menambahkan lebih banyak perangkat ke penginstal ARM.

Sumber: Google, 9to5linux.com