Tampilan Pertama Linux Mint 21.1 Beta dengan Lingkungan Desktop Cinnamon 5.6

  • Post author:
  • Post category:Linux


Versi beta dari rilis distribusi Linux Mint 21.1 “Vera” yang akan datang ada di sini dan dilengkapi dengan lingkungan desktop Cinnamon 5.6 terbaru, jadi saya mengambilnya untuk test drive cepat untuk melihat apa yang baru.

Linux Mint 21.1 “Vera” adalah yang kedua rilis dalam seri Linux Mint 21, yang diturunkan dari sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) upstream dan ditenagai oleh kernel Linux 5.15 LTS yang didukung jangka panjang. Seri ini akan menerima pembaruan keamanan hingga 2027.

Linux Mint 21.1 dijadwalkan untuk rilis Natal ini, tetapi kami tidak memiliki tanggal resmi yang ditetapkan, jadi akan keluar saat sudah siap. Untuk saat ini, yang kami miliki hanyalah versi beta, yang mulai muncul hari ini melalui berbagai mirror Linux Mint di seluruh dunia. Pengumuman resmi untuk rilis beta akan dibuat oleh tim Linux Mint ketika semua mirror disinkronkan dengan server unduhan utama.

Perubahan terbesar dalam rilis “Vera” Linux Mint 21.1, tentu saja, desktop Cinnamon 5.6 terbaru dan terhebat lingkungan, yang hadir dengan banyak fitur baru seperti applet Corner Bar baru bagi mereka yang ingin meningkatkan produktivitasnya, pengaturan baru untuk mengatur durasi notifikasi yang muncul di layar Anda, kemampuan untuk mengunci desklet di tempat, baru dan navigasi keyboard yang lebih baik, dan banyak lagi.

Jadi, hal pertama yang akan Anda lihat ketika Anda akan meningkatkan instalasi Linux Mint 21 Anda ke Linux Mint 21.1 adalah tampilan bilah tugas atau panel bawah, yang sekarang menyertakan applet Corner Bar baru di paling kanan, dan applet Show Desktop telah diganti dengan pemisah karena Corner Bar mewarisi fungsinya.

Perubahan besar lainnya yang akan Anda lihat sekilas adalah fakta bahwa ikon “Beranda” dan “Sampah” sekarang hilang dari desktop (begitu pula ikon Komputer dan Jaringan) dan tema ikon default baru untuk folder di pengelola file Nemo. Ikon folder
Nemo di Linux Mint 21 Ikon folder “Vanessa” Nemo di Linux Mint 21.1 “Vera”
Linux Mint 21.1 “Vera” juga hadir dengan fitur baru untuk Driver Manager dan Software Sources yang dibuat sendiri, seperti penanganan kunci PPA yang lebih mudah di Software Sources dan kemampuan untuk menjalankan Driver Manager dalam mode pengguna sehingga tidak akan meminta Anda untuk kata sandi saat diluncurkan, serta kemampuan untuk membersihkan konfigurasi driver yang dihapus.

Selain itu, Driver Manager menerima antarmuka pengguna yang ditingkatkan dengan dukungan offline yang didesain ulang, layar baru saat stik USB aktif terdeteksi, dan pemasangan driver nirkabel Broadcom yang lebih mudah .

Juga baru di Linux Mint 21.1 “Vera” adalah alat verifikasi ISO baru, yang diimplementasikan dalam menu konteks saat mengklik kanan pada gambar ISO, membuatnya lebih mudah untuk memverifikasi integritas dan keaslian file ISO les.

Itu saja, yang lainnya terlihat persis sama seperti pada rilis Linux Mint sebelumnya. Tentu saja, Anda akan menemukan beberapa pengaturan baru dan peningkatan di bawah tenda, serta sedikit sentuhan di sana-sini yang akan membuat pengalaman desktop Cinnamon Anda lebih menyenangkan dan produktif.

Di balik tenda, Linux Mint 21.1 tidak akan jauh berbeda dengan pendahulunya, Linux Mint 21, dan itu karena didasarkan pada Ubuntu 22.04 LTS, jadi tidak ada peningkatan paket besar atau semacamnya. Yang akan Anda dapatkan hanyalah pembaruan perangkat lunak dan keamanan terbaru untuk pengalaman Linux Mint yang aman dan stabil. Seperti disebutkan sebelumnya, tim Linux Mint berencana untuk merilis Linux Mint 21.1 “Vera” menjelang liburan Natal. Sampai saat itu, Anda dapat mengambil versi beta Linux Mint 21.1 untuk test drive jika Anda ingin memeriksa sendiri fitur dan peningkatan baru, tetapi jangan menggunakannya untuk pekerjaan produksi apa pun karena bug selalu ada dalam versi pra-rilis .

Sementara itu, inilah sekilas tentang edisi Linux Mint 21.1 beta Xfce dan MATE!

Sumber: Google, 9to5linux.com