Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) Sekarang Tersedia untuk Diunduh, Ini Yang Baru


Canonical hari ini merilis Ubuntu 22.04 LTS untuk diunduh sebagai versi terbaru dari sistem operasi populer berbasis Linux untuk komputer pribadi, server, dan komputasi awan. enam bulan dan hadir sebagai peningkatan ke rilis Ubuntu 21.10 (Impish Indri), serta rilis dukungan jangka panjang Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa).

Ubuntu 22.04 LTS hadir dengan lingkungan desktop GNOME 42 terbaru dengan buffering tiga kali patch disertakan, namun masih menggunakan aplikasi dari tumpukan GNOME 41 karena masalah kompatibilitas antara aplikasi GTK4 yang disertakan dalam rilis upstream dan tema Yaru Ubuntu. Aplikasi yang tidak di-porting ke GTK4 berasal dari tumpukan GNOME 42, seperti pengelola file Nautilus (File).

Ubuntu 22.04 LTS tetap pada tampilan dan nuansa yang sama yang digunakan sejak 2004 dengan rilis Ubuntu 11.04 “Natty Narwhal”. Namun, ada beberapa perubahan desain kecil, seperti fakta bahwa ikon desktop Beranda dan Sampah sekarang ditampilkan di sudut kanan bawah secara default.

Juga, ada pengaturan baru untuk mengontrol tampilan dan perilaku Dock, di seluruh sistem gaya gelap untuk semua aplikasi dan dialog, peningkatan integrasi perangkat Dock dan pengelola file, serta 10 pilihan warna aksen untuk gaya gelap dan terang dari tema default Yaru, yang kini meniru tampilan dan nuansa aplikasi GTK4.

Fitur besar lainnya dari rilis Ubuntu 22.04 LTS adalah seri kernel Linux 5.15 LTS yang didukung jangka panjang, yang menghadirkan implementasi baru dari sistem file NTFS untuk memungkinkan Anda membaca dan menulis data ke drive tersebut tanpa bergantung pada driver atau perangkat lunak pihak ketiga . Kernel Linux 5.15 LTS akan didukung setidaknya hingga Oktober 2023 dengan pembaruan keamanan dan perbaikan bug.

Selain itu, Jammy Jellyfish menghadirkan dukungan RDP untuk berbagi desktop Anda dari jarak jauh dengan keamanan, privasi, dan kinerja yang lebih baik, Wayland sebagai sesi default untuk sebagian besar sistem yang tidak memiliki kartu grafis NVIDIA, ada dukungan untuk perangkat keras dengan dukungan layar privasi, UDP sekarang dinonaktifkan secara default untuk pemasangan NFS, dan ada logo baru yang dapat Anda lihat di layar boot splash dan di halaman Tentang dari Pengaturan app.

Di bawah tenda, ada rantai alat yang diperbarui yang menampilkan beberapa teknologi GNU/Linux terbaru dan terbaik, termasuk namun tidak terbatas pada GCC 11.2, GNU C Library 2.35, GNU Binutils 2.38, systemd 249.11, Python 3.10.4, Perl 5.34 , Ruby 3.0, Golang 1.18, Mesa 22, OpenSSL 3.0, LLVM 14, BlueZ 5.63, PulseAudio 16, OpenJDK 11, xdg-desktop-portal 1.14, NetworkManager 1.36, BlueZ 5.63, CUPS 2.4, rustc 1.58, dan Poppler 22.02.
“ Misi kami adalah menjadi platform sumber terbuka yang aman, andal, dan konsisten – di mana saja,” kata Mark Shuttleworth, CEO Canonical. “Ubuntu 22.04 LTS membuka inovasi untuk industri dengan persyaratan keamanan infrastruktur yang menuntut, seperti telekomunikasi dan otomasi industri, yang mendukung transformasi digital mereka.”
Di antara perubahan penting lainnya dalam rilis ini, ada dukungan untuk paket modul-linux-restricted pada ARM64 (AArch64 ) platform untuk driver NVIDIA untuk memungkinkan penggunaan alat ubuntu-drivers untuk menginstal dan mengonfigurasi driver berpemilik NVIDIA dari repositori Ubuntu, serta dukungan untuk seri kernel Linux 5.17 terbaru untuk OEM. Selain itu, ssh-rsa sekarang dinonaktifkan secara default di OpenSSH untuk keamanan yang lebih baik.

Selanjutnya, Ubuntu tidak lagi menampilkan sistem operasi lain yang diinstal di menu boot saat Anda memutakhirkan kecuali Anda menginstal salinan baru bersama OS lain, nftables sekarang menjadi backend default untuk firewall, dan browser web Mozilla Firefox sekarang hanya tersedia di Ubuntu sebagai paket Snap.

Di sisi Server, Ubuntu Server 22.04 LTS dikirimkan dengan gambar penginstal langsung untuk arsitektur RISC-V, OpenStack Yoga, Ceph Quincy, LXD 5.0 ​​LTS, BIND 9.18, Buka vSwitch 2.17.0, DPDK 21.11 LTS, virt-manager 4.0.0, libvirt 8.0.0, QEMU 6.2.0, Chrony 4.2, Samba 4.15.5, PHP 8.1.2, MySQL 8.0, PostgreSQL 14, Django 3.2.12, Apache 2.4.52, OpenLDAP 2.5, runc 1.1.0, berisi 1.5.9, Corosync 3.16, dan Pacemaker 2.1.2.

Untuk pengguna Raspberry Pi, Ubuntu 22.04 LTS menambahkan dukungan untuk Raspberry Pi resmi Utilitas imager (melalui paket rpi-imager) untuk menulis file gambar ke kartu microSD atau dukungan lainnya d media, dukungan untuk utilitas rshell (melalui paket pyboard-rshell) untuk bekerja dengan papan pengontrol mikro yang mendukung MicroPython, seperti Raspberry Pi Pico, dukungan untuk utilitas rpiboot untuk bekerja dengan Modul Hitung Raspberry Pi, dukungan untuk DSI resmi layar sentuh, serta dukungan untuk semua varian populer Pimoroni Unicorn HAT.

Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellifish) sekarang tersedia untuk diunduh sebagai gambar Desktop dan Server, serta rasa resmi (mis. Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, dll.). Ubuntu akan didukung selama 5 tahun ke depan dengan pembaruan pemeliharaan standar dan rilis poin reguler setiap enam bulan, hingga April 2027, sedangkan varian lainnya hanya akan didukung selama 3 tahun.

Upgrade ke rilis Ubuntu 22.04 LTS saat ini tidak diaktifkan karena bug dengan paket snapd dan update-notifier. Canonical mengatakan bahwa jalur peningkatan akan dibuka dalam beberapa hari ke depan. Sementara itu, Anda dapat mengunduh Ubuntu 22.04 LTS di bawah ini dan melihat fitur-fitur baru di video tampilan pertama kami.
Unduh Ubuntu 22.04 LTSUnduh Ubuntu Server 22.04 LTSUnduh Ubuntu 22.04 LTS Rasa Resmi

Sumber: Google, 9to5linux.com