Ubuntu 22.04 LTS Menonaktifkan Akselerasi 3D Untuk VM Tamu Dengan Kotak GNOME / Manajer Virt

Selain Ubuntu 22.04 yang mengalihkan kembali NVIDIA untuk menggunakan X11 secara default daripada Wayland sebagai perubahan hari peluncuran, secara terpisah, ada perubahan menit terakhir yang cukup penting yang memengaruhi dukungan 3D untuk mesin virtual… Mereka yang memiliki host Ubuntu 22.04 dan meluncurkan Ubuntu VM desktop 22,04 akan menemukan akselerasi 3D dinonaktifkan secara default.
Baru saja pada tanggal 14 April paket osinfo-db Ubuntu 22.04 “Jammy Jellyfish” diperbarui di mana ia menambahkan entri Ubuntu 22.04 dan juga memutuskan untuk mengaktifkan akselerasi 3D (eksperimental) untuk instalasi desktop Debian dan Ubuntu baru-baru ini.
Satu minggu sebelum rilis, perubahan itu mengaktifkan akselerasi 3D secara default saat menginstal sistem operasi desktop Debian/Ubuntu terbaru dari host Ubuntu 22.04 LTS. Osinfo-db digunakan oleh GNOME Boxes dan Virt-Manager.
Sekali lagi, tumpukan driver grafis 3D Linux open-source menunjukkan kutilnya. Minggu ini sebelum merilis Ubuntu 22.04 LTS, perubahan itu dinonaktifkan karena memiliki akselerasi 3D yang diatur secara default di osinfo-db. Ditemukan menjalankan Ubuntu 22.04 LTS dan tamu pengujian Debian mengarah ke layar hitam di bawah seperti GNOME Boxes dan Virt-Manager.

Ada laporan bug ini di sekitar log-in yang rusak untuk VM dan tampaknya mengaitkannya setidaknya sebagian dengan Wayland sementara indikasi lainnya adalah driver VirtIO yang rusak. Dengan pengembang Ubuntu tidak segera yakin apa yang terjadi, mereka terpaksa mengembalikan perubahan mereka dari minggu sebelumnya. Untuk menjadi rilis Dukungan Jangka Panjang (LTS), Ubuntu 22.04 tampaknya memiliki lebih dari perubahan menit-menit terakhir yang menonjol.
Bagaimanapun pengiriman osinfo-db di Ubuntu 22.04 LTS setidaknya untuk saat ini menonaktifkan fitur 3D untuk mesin virtual tamu Ubuntu.

Itulah berita seputar Ubuntu 22.04 LTS Menonaktifkan Akselerasi 3D Untuk VM Tamu Dengan Kotak GNOME / Manajer Virt, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.