Ubuntu 22.10 (Kinetic Kudu) Daily Build ISO Sekarang Tersedia untuk Diunduh


Sekarang Ubuntu 22.10 memiliki jadwal rilis dan tanggal rilis yang ditetapkan, saatnya bagi Canonical untuk memulai siklus pengembangan dan mulai menerbitkan ISO build harian untuk pengguna awal dan pengembang aplikasi.

Dijuluki Kinetic Kudu, Ubuntu 22.10 dijadwalkan untuk rilis nanti tahun ini, pada 20 Oktober 2022, dan Brian Murray dari Canonical adalah orang yang mengumumkan pada akhir April bahwa Ubuntu 22.10 secara resmi dibuka untuk pengembangan.

Dan sekarang, Canonical menerbitkan gambar ISO build harian pertama untuk Ubuntu 22.10 (Kinetic Kudu), mengundang pengadopsi awal dan pengembang aplikasi yang tertarik untuk menguji mengemudi rilis mendatang untuk menemukan dan melaporkan bugs.

Selain rasa Desktop dan Server Ubuntu, Anda juga akan menemukan build harian untuk varian resmi Kubuntu, Xubuntu, dan Ubuntu MATE, yang dapat Anda ambil dengan benar sekarang dari server unduhan. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh gambar desktop bawaan Ubuntu untuk Raspberry Pi ARM64 dari sini.

Tentu saja, saat menguji gambar build harian ini, Anda harus selalu ingat bahwa gambar tersebut didasarkan pada rilis Ubuntu sebelumnya, dalam hal ini, Ubuntu 22,04 LTS (Ubur-ubur Jammy). Ini berarti bahwa mereka akan dikirimkan dengan perubahan visual dan under-the-hood yang hampir sama hingga rilis beta.

Selama siklus pengembangan enam bulan, komponen ini akan diperbarui ke versi yang lebih baru, tetapi terlalu dini untuk mengatakan apa yang final rilis perangkat lunak yang akan dikirimkan bersama Ubuntu 22.10. Satu hal yang pasti, yaitu fakta bahwa lingkungan desktop akan didasarkan pada rilis GNOME 43 yang akan datang, yang akan dirilis pada 21 September 2022.

Jika perhitungan saya benar, Ubuntu 22.10 juga harus dikirimkan dengan seri kernel Linux 5.19, karena keluar pada akhir Juli atau awal Agustus. Ini akan memberi pengembang Ubuntu cukup waktu untuk mengujinya terhadap berbagai perangkat keras hingga tahap pengembangan “Kernel Freeze” pada 6 Oktober. Saya tahu bahwa kernel Linux 5.20 akan keluar pada awal Oktober, tetapi tidak akan ada cukup ruang untuk pengujian untuk disertakan dalam Kinetic Kudu.

Jika Anda ingin mengikuti perkembangan Ubuntu 22.10 (Kinetic Kudu) dan menjadi yang pertama untuk mengetahui fitur dan peningkatan baru terbesarnya, saya sarankan Anda mengikuti 9to5Linux.com karena saya akan mencoba membahas semua perubahan utamanya hingga rilis final pada 20 Oktober 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com