Ubuntu Chromium Snap Akhirnya Melihat Kemajuan Dalam Mendukung Akselerasi GPU VAAPI

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mereka yang menggunakan Snap Chromium Ubuntu untuk menjalankan browser web sumber terbuka Google tidak memiliki dukungan VA-API untuk akselerasi video berbasis GPU dalam aplikasi kotak pasir ini. Untungnya, sepertinya itu akan segera dicoret dari daftar untuk memastikan pengguna Ubuntu dapat menikmati akselerasi VA-API untuk menurunkan sumber daya CPU dan efisiensi daya yang lebih baik pada grafis Intel dan driver Mesa Gallium3D lainnya yang mendukung VA-API.
Kembali ke Februari 2019 adalah laporan bug di sekitar Chromium Snap yang tidak memiliki dukungan decoding perangkat keras video dengan VA-API. Video Acceleration API digunakan oleh driver open-source Intel dan driver Mesa Gallium3D lainnya dengan pelacak status VA seperti kartu AMD Radeon dengan RadeonSI.
Setelah tiga tahun, sepertinya bug itu akan segera ditutup berkat pembaruan Chromium Snap dalam beberapa hari terakhir yang berfungsi untuk mengaktifkan dukungan VA-API. Nathan Teodosio dan Sebastien Bacher adalah salah satu pengembang Ubuntu yang baru-baru ini bekerja untuk memilah dukungan VA-API untuk Chromiun dalam batasan Snap.
Komentar terbaru pada laporan bug yang disebutkan di atas mencatat beberapa build tampaknya gagal dan ada kemungkinan memerlukan beberapa variabel lingkungan dan flag Chromium (mis. LIBVA_DRIVERS_PATH=/snap/chromium/current/usr/lib/x86_64-linux- gnu/dri/ –use-gl=egl –enable-features=VaapiVideoDecoder,VaapiVideoEncoder –disable-features=UseChromeOSDirectVideoDecoder –ignore-gpu-blocklist –disable-gpu-driver-bug-workaround), tetapi mereka muncul berada di jalur untuk menyelesaikannya. Mereka yang tertarik untuk mencoba Chromium Snap terbaru dengan dukungan akselerasi perangkat keras dapat melihat halaman Launchpad ini.

Itulah berita seputar Ubuntu Chromium Snap Akhirnya Melihat Kemajuan Dalam Mendukung Akselerasi GPU VAAPI, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.