Ubuntu MATE 22.04 LTS Dirilis untuk Raspberry Pi SBC, Unduh Sekarang

  • Post author:
  • Post category:Linux


Ubuntu MATE pengelola Martin Wimpress hari ini mengumumkan di Twitter rilis dan ketersediaan umum sistem operasi Ubuntu MATE 22.04 LTS untuk perangkat Raspberry Pi.

Ubuntu MATE 22.04 LTS tiba pada 21 April 2022, sebagai bagian dari rilis Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) , tetapi hanya untuk PC 64-bit. Mulai hari ini, Ubuntu MATE 22.04 LTS juga tersedia untuk papan Raspberry Pi, seperti Raspberry Pi 2, Raspberry Pi 3, Raspberry Pi 3+, Raspberry Pi 4, dan Raspberry Pi CM4 (Compute Module 4).

Ubuntu MATE 22.04 LTS untuk Raspberry Pi hadir dengan semua fitur Ubuntu MATE 22.04 LTS untuk PC, seperti lingkungan desktop MATE 1.26 terbaru, tumpukan kernel dan grafik yang lebih baru, dan rantai alat terbaru, tetapi juga beberapa peningkatan dan fitur baru yang ditargetkan pada perangkat Raspberry Pi.

Misalnya, rilis baru hadir dengan compositor yang ditingkatkan, kinerja pemutaran video yang lebih baik, dukungan zswap (lz4) diaktifkan secara default untuk pengalaman yang lebih lancar, serta ukuran gambar yang dioptimalkan.

Fitur lainnya termasuk dukungan Wi-Fi, Ethernet, dan Bluetooth pada model yang kompatibel, ekspansi sistem file online otomatis, video out melalui komposit atau HDMI, audio out melalui jack audio 3.5mm atau HDMI, akses GPIO melalui GPIO Zero dan WiringPi, dukungan USB Booting, serta pengaktifan VC4/V3D (KMS penuh ) driver secara default.
“Ubuntu MATE untuk Raspberry Pi menyediakan lingkungan desktop yang lengkap dan familier yang dapat digunakan untuk komputasi desktop dasar. Ini juga menarik bagi pembuat dan peretas perangkat yang ingin menargetkan Ubuntu untuk proyek mereka, “baca halaman proyek.
Jika Anda sudah menunggu untuk menginstal Ubuntu MATE 22.04 LTS pada perangkat Raspberry Pi Anda, Anda dapat mengunduh gambar untuk ARM64 (AArch64) atau arsitektur ARMhf sekarang dari situs web resmi. Gambar ARM64 direkomendasikan untuk model Raspberry Pi dengan RAM lebih dari 2 GB.

Sumber: Google, 9to5linux.com