Ubuntu Online 21.10 Dirilis, Memungkinkan Anda Mencoba Desktop Ubuntu di Browser Web

  • Post author:
  • Post category:Linux


Ubuntu Online 21.10 telah dirilis hari ini sebagai remake desktop Ubuntu 21.10 berbasis Web yang memungkinkan Anda mencoba edisi Desktop Ubuntu terbaru di browser web.

Terinspirasi oleh proyek Tur Online Ubuntu yang sekarang sudah usang yang dibuat oleh Canonical beberapa tahun yang lalu, proyek Ubuntu Online bertujuan untuk memberikan pilihan kepada mereka yang memiliki sumber daya yang sangat terbatas untuk mencoba rilis Desktop Ubuntu terbaru di browser web.

Ubuntu Online berfungsi baik online maupun offline, tetapi untuk pengalaman terbaik file harus dihosting secara online, di server web. Ini bagus jika Anda ingin, misalnya, untuk memigrasikan sekelompok komputer ke Ubuntu/Linux tetapi Anda ingin pengguna Anda melihat apa yang diributkan dengan demo online.

Ubuntu Online 21.10 hadir dengan beberapa fitur baru dibandingkan dengan pendahulunya . Misalnya, ini kompatibel dengan perangkat sentuh sehingga Anda dapat mencobanya di tablet atau ponsel, tetapi pengubahan ukuran jendela di ponsel dikatakan bekerja lebih keras daripada di komputer dan beberapa browser web mungkin tidak mendukung pengubahan ukuran jendela di perangkat seluler.

Selain itu, pengguna akan dapat membuka aplikasi yang sama beberapa kali, menyeret dan mengubah ukuran jendela, mengubah wallpaper desktop, serta mengkloning aplikasi. Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa fitur ini hanya akan berfungsi jika file di-host di server web.

Antarmuka sangat terbatas, seperti yang Anda harapkan dari proyek seperti itu, tetapi menyerupai desktop GNOME 40 Ubuntu 21.10 “Impish Indri” cukup baik. Untuk melihatnya beraksi, lihat galeri tangkapan layar di bawah ini atau coba sendiri sekarang juga dari sini.

File sumber Ubuntu Online 21.10 dapat diunduh dari halaman GitHub atau Launchpad proyek jika Anda ingin menghostingnya di server web Anda untuk pengguna untuk mencoba Ubuntu 21.10, atau mungkin Anda hanya ingin mengerjai seseorang untuk Halloween .

Sumber: Google, 9to5linux.com