Ubuntu Sekarang Mendukung Allwinner D1 Powered Nezha RISC-V Board

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu lalu Canonical mengumumkan gambar RISC-V Ubuntu resmi untuk papan StarFive VisionFive sementara minggu ini mereka memperluas jajaran RISC-V yang didukung untuk juga menyertakan komputer papan tunggal Nezha yang didukung oleh Allwinner D1 SoC.
Komputer papan tunggal Nezha ditujukan untuk pengembangan AIoT dan menampilkan SoC Allwinner D1 sebagai desain RISC-V pertama mereka yang menggunakan inti 64-bit T-Head Alibaba.
Nezha memiliki prosesor RISC-V 1GHz, memori sistem DDR3 1GB atau 2GB, penyimpanan spi-nand 256MB, Gigabit Ethernet, WiFi dan Bluetooth 2.4GHz, dan fungsionalitas dasar lainnya. Distribusi Linux resmi pilihan Nezha adalah “Tina Linux” dengan kernel berbasis Linxu 5.4. Tetapi sekarang lebih banyak distribusi Linux mulai mendukung board berbiaya rendah ini dan Ubuntu 22.04 LTS adalah opsi terbaru.

Tentu saja, jangan berharap terlalu banyak untuk performa hanya dengan prosesor RISC-V 1GHz dan RAM hingga 2GB. Ada output HDMI di papan pengembangan ini tetapi kinerjanya akan sangat rendah dan benar-benar hanya ditujukan untuk kasus penggunaan IoT. Harga mulai sekitar $ 112 USD untuk papan Nezha saat memesan melalui AliExpress sedangkan versi upgrade 2GB sekitar $ 310 USD. Papan Nezha tampaknya saat ini tidak tersedia dari pengecer barat terkemuka mana pun. Masih merupakan harga tinggi yang harus dibayar untuk RISC-V terutama dengan Raspberry Pi seharga $35 untuk memberikan kinerja yang jauh lebih baik pada saat ini. Kernel Linux juga harus menambahkan kebiasaan/solusi untuk menangani Allwinner D1 dengan beberapa ekstensi RISC-V yang tidak sesuai spesifikasi.
Bagaimanapun, mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang papan Nezha RISC-V bertenaga Allwinner D1 sekarang dengan dukungan Linux Ubuntu dapat mempelajari lebih lanjut di Canonical.com. Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang papan RISC-V ini sendiri dapat melakukannya di sini.

Itulah berita seputar Ubuntu Sekarang Mendukung Allwinner D1 Powered Nezha RISC-V Board, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.