Ubuntu Unity 22.04 LTS Dirilis dengan Dukungan Flatpak dan Flathub, Aplikasi Default Baru


Ubuntu Unity maintainer Rudra Saraswat hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum dari distribusi Ubuntu Unity 22.04 LTS sebagai bagian dari rilis hari ini dari Ubuntu Jammy Jellyfish.

Berdasarkan rilis Ubuntu 22.04 LTS upstream, Ubuntu Unity 22.04 LTS adalah penerus Ubuntu Unity 20.04 LTS (Focal Fossa) dan rilis dukungan jangka panjang kedua dari rasa Ubuntu tidak resmi ini yang menampilkan lingkungan desktop Unity 7 lama yang bagus.

Fitur baru terbesar dari rilis Ubuntu Unity baru ini adalah dukungan untuk aplikasi Flatpak yang diaktifkan secara default. Repositori Flathub diinstal sehingga Anda dapat menginstal aplikasi Flatpak apa pun yang Anda inginkan alih-alih aplikasi asli dari repositori Ubuntu. Selain itu, masalah gtk3-nocsd telah diperbaiki dalam rilis ini.

Perubahan menarik lainnya adalah fakta bahwa pilihan perangkat lunak default diubah dalam rilis ini, menjatuhkan aplikasi GNOME demi aplikasi MATE untuk pengalaman yang lebih ringan dan agar lebih sesuai dengan Unity. UI.

Dengan demikian, penampil dokumen Evince diganti dengan Atril, editor teks Gedit diganti dengan Pluma, pemutar video Totem diganti dengan VLC, penampil gambar Eye of GNOME diganti dengan EOM, dan Monitor Sistem GNOME diganti dengan Monitor Sistem MATE.

Selain itu, tidak ada lagi BIOS dan UEFI ISO yang terpisah. Pengguna sekarang dapat menggunakan ISO yang sama untuk menginstal Ubuntu Unity di komputer lama dengan BIOS lama atau mesin yang lebih baru dengan firmware UEFI.

Terakhir, Ubuntu Unity mengikuti jejak rasa Ubuntu resmi lainnya untuk mengadopsi Firefox Snap secara default karena pengembang Ubuntu tidak lagi menyediakan paket asli di arsip utama.

Anda dapat mengunduh Ubuntu Unity 22.04 LTS sekarang juga dari situs resminya jika Anda ingin menginstalnya di komputer pribadi Anda. Upgrade dari versi sebelumnya tidak dapat dilakukan saat ini.

Seperti varian resmi Ubuntu lainnya, rilis Ubuntu Unity LTS yang baru ini juga akan didukung selama tiga tahun dengan pembaruan perangkat lunak dan keamanan, hingga April 2025. Rilis poin pertama, Ubuntu Unity 22.04.1 direncanakan untuk Agustus/September 2022.
Unduh Ubuntu Unity 22.04 LTS

Sumber: Google, 9to5linux.com