Valve Mengatakan SteamOS 3.0 Akan Tersedia untuk Semua Orang untuk Mengunduh dan Menginstal

  • Post author:
  • Post category:Linux


Valve hari ini mengadakan siaran langsung Pengembangan Steam Deck di YouTube untuk membagikan detail lebih lanjut tentang perangkat genggam gaming Steam Deck yang akan datang dan sistem operasi SteamOS 3.0 yang dijalankannya.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Valve sedang mengembangkan perangkat genggam gaming pertama mereka yang disebut Steam Deck, yang menjalankan SteamOS, distribusi GNU/Linux internal Valve yang sekarang diturunkan dari Arch Linux daripada Debian GNU/Linux, seperti versi sebelumnya.

SteamOS tersedia untuk diunduh secara gratis, seperti banyak distribusi GNU/Linux lainnya di luar sana, dan Anda dapat menginstalnya di mesin apa pun jika Anda ingin mengubahnya menjadi komputer game lengkap. Saya pribadi mengikuti perkembangannya, dan versi terbaru yang pernah dirilis adalah SteamOS 2.195, lebih dari dua tahun yang lalu.

Ternyata, selama ini, Valve me-rebase distro SteamOS mereka di Arch Linux, distribusi rolling-release yang kuat dan fleksibel, kemungkinan besar untuk menyediakan pengguna dengan pembaruan keamanan dan perangkat lunak terbaru segera setelah tersedia upstream.

Ketika Valve mengumumkan Steam Deck, mereka juga mengungkapkan fakta bahwa itu akan menjalankan SteamOS 3.0, berdasarkan Arch Linux dan lingkungan desktop KDE Plasma yang berjalan di Wayland. Seperti yang Anda harapkan, komunitas ingin mengunduh SteamOS 3.0 dan menginstalnya di PC mereka, tetapi belum ada apa pun untuk diunduh.

Hari ini, selama Steam Deck Development live steam, Valve akhirnya memberi kami kabar baik dan mengatakan bahwa SteamOS 3.0 akan tersedia secara umum untuk semua orang untuk diinstal di komputer mereka. Mereka juga mengungkapkan bahwa SteamOS 3.0 akan memiliki sistem file root yang tidak dapat diubah untuk mencegah akses yang tidak sah dan menggunakan PipeWire untuk audio.

Tapi pertanyaannya tetap, kapan SteamOS 3.0 akan tersedia untuk diunduh. Insinyur katup Lawrence Yang mengatakan bahwa tidak ada tanggal yang pasti saat ini karena mereka masih menyelesaikan beberapa hal untuk peluncuran Steam Deck, tetapi setelah peluncuran itu akan tersedia secara umum.

Jadi begitulah, SteamOS 3.0 akan segera hadir ke PC Anda, dan maksud saya segera setelah Februari 2022 ketika Valve akan mulai mengirim undangan pesanan sehingga Anda benar-benar dapat membeli perangkat. Untuk detail lebih lanjut tentang Steam Deck dan SteamOS, lihat streaming langsung Pengembangan Steam Deck lengkap di bawah ini dan situs web resmi.

Kredit gambar: Valve (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com