Virtualisasi Intel IPI Siap Untuk Linux 5.19

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mengikuti dasar yang diletakkan di Linux 5.18, dukungan Intel VT-x`s IPI Virtualization akan diperkenalkan dengan kernel Linux 5.19 untuk mendukung kemampuan perangkat keras baru yang ditemukan dengan prosesor server “Sapphire Rapids” Xeon Scalable 4th Gen.
Virtualisasi Inter-Process Interrupts (IPI) bertujuan untuk menghilangkan VM-exit saat mengeluarkan IPI (inter-processor interrupts) pada vCPU sumber. Virtualisasi IPI digariskan oleh Intel tahun lalu dalam pembaruan manual referensi programmer dan tak lama kemudian para insinyur Intel mulai memposting patch dukungan Linux mereka. Setelah melalui beberapa putaran tinjauan, dukungan Virtualisasi IPI sekarang siap untuk mendahului Linux 5.19 — dan pada waktunya untuk prosesor Xeon Sapphire Rapids yang mulai meningkat seiring berjalannya tahun.
Virtualisasi

IPI bertujuan untuk menyediakan interupsi antar-proses yang lebih efisien dalam VM. Dukungan Virtualisasi IPI ini harus menghilangkan “banyak overhead” yang ditunjukkan dengan tugas intensif IPI.
Insinyur Intel di patch kernel Linux sebelumnya menyimpulkan dampaknya sebagai, “Kami melakukan eksperimen untuk mengukur waktu rata-rata pengiriman IPI dari vCPU sumber ke vCPU target menyelesaikan penanganan IPI dengan kvm unittest w/ dan w/o virtualisasi IPI. Saat virtualisasi IPI diaktifkan, ini akan mengurangi konsumsi siklus 22,21% dan 15,98% masing-masing dalam mode xAPIC dan mode x2APIC.”
Kemarin tambalan Virtualisasi IPI yang tersisa berhasil masuk ke cabang “berikutnya” KVM menjelang pembukaan jendela penggabungan Linux 5.19 akhir bulan ini. Patch Mesin Virtual berbasis Kernel di area “berikutnya” memuncak dengan mengaktifkan Virtualisasi IPI untuk CPU yang didukung. Sebagai bagian dari pengaktifan Virtualisasi IPI, ada juga pekerjaan VT-x lainnya seperti kontrol Eksekusi VM Tersier.
Dukungan Xeon Sapphire Rapids dalam kernel Linux dan komponen terkait telah ada untuk sementara waktu sekarang dan semua fungsionalitas dasar harus ada di tempatnya. Namun, dengan Linux 5.19 sepertinya titik di mana banyak fungsi “ekstra” semuanya solid dan dalam kondisi yang baik di depan jalan Xeon SPR. Saya akan tahu pasti setelah mendapatkan Sapphire Rapids untuk pengujian dan pembandingan Linux.

Itulah berita seputar Virtualisasi Intel IPI Siap Untuk Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.