Vulkan 1.3.213 Dirilis Dengan Pembaruan Minor Ray-Tracing, Ekstensi Baru Lainnya

Vulkan 1.3.213 keluar hari ini yang di atas klarifikasi/koreksi spesifikasi biasa juga empat ekstensi baru, termasuk VK_KHR_ray_tracing_maintenance1.
Ekstensi baru Vulkan 1.3.213 meliputi:
VK_EXT_image_compression_control – Ekstensi dari Arm, Broadcom, dan Imagination ini untuk mengaktifkan kompresi gambar dengan kecepatan tetap dan dukungan untuk mengontrol jenis kompresi yang dapat diterapkan. VK_EXT_image_compression_control menambahkan kueri untuk mengetahui skema kompresi dan kecepatan yang dapat diterapkan pada gambar.
VK_EXT_pipeline_properties – Sebagai bagian dari upaya Vulkan SC (Safety Critical) dengan pipeline yang selalu dikompilasi secara offline, ekstensi ini membantu pipeline offline terkompilasi yang diwakili JSON dengan kemampuan untuk menanyakan properti seperti pipelineIdentifier.
VK_EXT_subpass_merge_feedback – Ekstensi ini memungkinkan untuk memberikan umpan balik ke game/aplikasi apakah sub-pass yang ditentukan pada pembuatan render pass digabungkan dengan implementasi. Ada juga kontrol untuk mengaktifkan penggabungan sub-pass di render pass untuk ekstensi ini yang dirancang oleh insinyur Arm.
VK_KHR_ray_tracing_maintenance1 – Ekstensi ini menambahkan kumpulan fitur ray-tracing minor. Pada dasarnya ekstensi pemeliharaan lain dengan banyak perubahan kecil. Di antara perubahan tersebut adalah mendukung SPV_KHR_ray_cull_mask SPIR-V dalam Vulkan, dukungan untuk tahap pipa baru dan masker akses yang dibangun di atas KHR_synchronization2, kueri struktur akselerasi baru, dan perintah pengiriman penelusuran sinar tidak langsung opsional.
Perubahan Vulkan 1.3.213 diuraikan melalui komit ini.
NVIDIA untuk bagian mereka hari ini merilis beta driver Vulkan baru yang sudah mendukung ekstensi KHR_ray_tracing_maintenance1 Vulkan ray-tracing.

Itulah berita seputar Vulkan 1.3.213 Dirilis Dengan Pembaruan Minor Ray-Tracing, Ekstensi Baru Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.