Vulkan 1.3 Dirilis dengan Rendering Dinamis, API Sinkronisasi yang Ditingkatkan


Vulkan, API grafis 3D modern standar terbuka dan lintas platform yang digunakan oleh game mutakhir dan aplikasi yang menuntut, hari ini telah diperbarui ke versi 1.3, rilis utama yang memperkenalkan fitur baru dan beberapa peningkatan.

Lebih dari satu tahun dalam pengembangan, Vulkan 1.3 API hadir untuk memperkenalkan rendering dinamis melalui ekstensi VK_KHR_ sebagai jalur yang disederhanakan untuk memulai rendering dan untuk secara signifikan mengurangi kompleksitas aplikasi, serta status dinamis tambahan melalui ekstensi VK_EXT_extended_dynamic_state2 untuk lebih mengurangi jumlah permutasi pipeline.

Vulkan 1.3 juga memperkenalkan ekstensi VK_EXT_pipeline_creation_cache_control dan VK_EXT_pipeline_creation_feedback untuk memberi pengembang lebih banyak kontrol atas bagaimana dan kapan pipeline dikompilasi, serta untuk memberi mereka informasi tentang pipeline yang dikompilasi, dan membuat dukungan alamat perangkat buffer wajib untuk memungkinkan dev mulai menggunakan pointer di seluruh ekosistem.

Als o baru adalah ekstensi VK_EXT_subgroup_size_control, yang menambahkan dukungan untuk kontrol yang lebih baik atas subgrup (mis. memungkinkan vendor untuk mengiklankan beberapa ukuran subgrup), dan ekstensi VK_KHR_shader_integer_dot_product, yang meningkatkan jalur akselerasi untuk kerangka kerja pembelajaran mesin tingkat yang lebih tinggi untuk mengeksekusi model melalui Vulkan.

Selanjutnya, rilis ini memperkenalkan peningkatan kecil pada VK_KHR_copy_commands2, VK_KHR_format_synchron__flags2, VK_KHR_format_synch_flags2, dan ekstensi untuk membuatnya lebih konsisten dan untuk menambahkan dukungan untuk fitur yang akan datang.
“Vulkan 1.3 dirancang untuk dipercepat pada perangkat keras kelas OpenGL ES 3.1, memungkinkan API inti untuk didukung di berbagai perangkat dan pasar,” kata Grup Khronos. “Banyak perangkat Vulkan mendukung fungsionalitas di luar spesifikasi inti melalui ekstensi opsional yang dapat dipilih oleh vendor perangkat keras individu untuk mendukung — atau tidak.”
Juga hari ini, Grup Khronos mengumumkan Profil Vulkan, mekanisme profil Vulkan baru yang dirancang untuk menyediakan cara mengomunikasikan fungsionalitas secara tepat persyaratan dan kemampuan perangkat antara peserta dalam ekosistem Vulkan. Ini akan diperkenalkan dengan Vulkan 1.3 SDK pada pertengahan Februari 2022.

Terakhir, Kelompok Kerja Vulkan mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan peta jalan publik (Vulkan Roadmap 2022) untuk memberikan panduan tentang kapan dan di mana fungsionalitas Vulkan yang lebih maju akan ditempatkan didukung untuk perangkat keras kelas menengah ke atas akhir tahun ini.

Kredit gambar: Khronos Group

Sumber: Google, 9to5linux.com