Wayland 1.21 Alpha Akhirnya Memperkenalkan Dukungan Roda Gulir Resolusi Tinggi

Dua tahun setelah permintaan penggabungan awalnya dibuka, rilis Wayland 1.21 yang akan datang menambahkan dukungan roda gulir resolusi tinggi untuk mouse agar sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan untuk X.Org dan di dalam driver kernel Linux.
Simon Ser pada hari Kamis mengumumkan rilis Wayland 1.21 Alpha. Dengan Wayland sendiri yang relatif stabil akhir-akhir ini dan tidak terlalu banyak churn sementara itu terserah pada masing-masing penyusun Wayland untuk sebagian besar pekerjaan berat (atau perpustakaan dukungan Wayland seperti libweston dan wlroots), dengan Wayland 1.21 tambahan penting adalah gulir resolusi tinggi dukungan roda.
Pengguliran roda resolusi tinggi diperkenalkan ke protokol wl_pointer melalui peristiwa “wl_pointer.axis_v120” baru untuk mewakili penahan roda sebagai pecahan atau kelipatan 120. Pendekatan “120” adalah untuk mencocokkan perilaku yang terlihat di Microsoft Windows.

Linux 5.0 dan yang lebih baru telah mendukung pengguliran resolusi tinggi, diizinkan juga didukung oleh driver perangkat keras individu. Libinput telah mendukung pengguliran resolusi tinggi sementara pekerjaan ini membukanya untuk klien Wayland. Di bawah X.Org, driver xf86-input.libinput telah mendukung metode pengguliran yang lebih tepat ini. Pengguliran resolusi tinggi juga tetap terbuka untuk XWayland, GNOME`s Mutter, GTK, dan komponen lainnya.
Di luar pengguliran roda resolusi tinggi untuk wl_pointer, Wayland 1.21 Alpha menambahkan berbagai fungsi kenyamanan dan perbaikan bug yang berbeda.
Rincian lebih lanjut tentang Wayland 1.21 Alpha melalui milis Wayland.

Itulah berita seputar Wayland 1.21 Alpha Akhirnya Memperkenalkan Dukungan Roda Gulir Resolusi Tinggi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.