Wayland 1.21 Dirilis Dengan Acara Gulir Resolusi Tinggi Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sudah lebih dari setengah tahun sejak pembaruan Wayland terakhir dengan kode inti sekarang sebagian besar matang, tetapi hari ini adalah Wayland 1.21 dengan acara gulir resolusi tinggi wl_pointer baru serta beberapa tambahan dan perbaikan yang lebih kecil.
Dengan Wayland 1.21, pengguliran roda resolusi tinggi ditambahkan ke protokol wl_pointer melalui peristiwa “wl_pointer.axis_v120” baru untuk mewakili penahan roda sebagai pecahan atau kelipatan 120. Pendekatan “120” adalah untuk mencocokkan perilaku yang terlihat di Microsoft Windows.

Kernel Linux 5.0 dan yang lebih baru telah mendukung pengguliran resolusi tinggi, diizinkan juga didukung oleh driver perangkat keras individu. Libinput telah mendukung pengguliran resolusi tinggi sementara pekerjaan ini membukanya untuk klien Wayland. Di bawah X.Org, driver xf86-input-libinput telah mendukung metode pengguliran yang lebih tepat ini. Pengguliran resolusi tinggi juga tetap terbuka untuk XWayland, GNOME’s Mutter, GTK, dan komponen lainnya.
Selain pengguliran roda resolusi tinggi untuk wl_pointer, Wayland 1.21 menambahkan memiliki berbagai fungsi kenyamanan dan perbaikan bug yang berbeda — sebagian besar item yang lebih kecil tersebar di seluruh basis kode.
Pengumuman rilis Wayland 1.21 singkat dapat ditemukan di wayland-devel.

Itulah berita seputar Wayland 1.21 Dirilis Dengan Acara Gulir Resolusi Tinggi Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.