Waylands Weston 11.0 Dirilis Dengan Tampilan HDR & Persiapan Multi-GPU

  • Post author:
  • Post category:Linux

Weston, penyusun referensi untuk Wayland, keluar hari ini dengan pembaruan fitur besar. Yang paling menarik adalah pekerjaan persiapan untuk mendukung monitor HDR yang lebih baik bergerak maju serta mempersiapkan kasus penggunaan multi-GPU dan multi-back-end.
Dukungan manajemen warna eksperimental dapat ditemukan di Weston 11.0 yang juga dapat bekerja dengan profil ICC monitor. Monitor dapat diatur untuk mode HDR (High Dynamic Range) dan untuk memberikan karakteristik HDR dari file konfigurasi Weston, tetapi penyusun Wayland ini belum menghasilkan konten HDR yang sesuai.
Yang juga menarik dengan Weston 11.0 adalah landasan yang diletakkan untuk dapat mendukung penggunaan beberapa back-end Weston secara bersamaan. Ini dapat berguna untuk situasi seperti mengemudikan tampilan dengan back-end KMS sementara juga menjalankan back-end RDP untuk dukungan desktop jarak jauh. Demikian pula, beberapa dukungan back-end ini dapat berguna untuk dukungan multi-GPU dalam back-end DRM. Namun, pada Weston 11.0 pekerjaan multi-back-end ini masih dalam proses dan belum dapat digunakan.
Weston 11.0 juga menampilkan peningkatan RDP, peningkatan kinerja pada back-end DRM, dukungan untuk protokol wp_single_pixel_buffer_v1, refactoring ke kode buffer Weston, dan penghapusan back-end FBDEV lama yang hanya membutuhkan back-end KMS/DRM mendukung. Protokol buffer piksel tunggal digunakan untuk buffer yang lebih efisien jika buffer yang lebih besar semuanya diisi dengan warna piksel yang sama, seperti untuk latar belakang dan permukaan polos lainnya, yang sekarang dapat menjadi buffer piksel tunggal dan kemudian diskalakan ke ukuran yang diperlukan.
Detail lebih lanjut tentang Weston 11.0 melalui pengumuman rilis Simon Ser pada pembaruan compositor Wayland ini.

Itulah berita seputar Waylands Weston 11.0 Dirilis Dengan Tampilan HDR & Persiapan Multi-GPU, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.