Wine 7.0 Dirilis dengan Dukungan untuk GPU Baru, Beberapa Tampilan, dan WoW64


Wine 7.0 open-source dan lapisan kompatibilitas lintas platform untuk menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi yang sesuai dengan POSIX, seperti Linux, BSD, atau macOS, telah dirilis hari ini sebagai pembaruan besar.

Setelah satu tahun pengembangan, Wine 7.0 hadir di sini untuk memperkenalkan banyak barang untuk memenuhi kebutuhan aplikasi dan game Windows Anda. Pertama-tama, ini membawa dukungan untuk arsitektur WoW64 (64-bit Windows-on-Windows) untuk memungkinkan Anda menjalankan program Windows 32-bit di dalam proses host Unix 64-bit.
“WoW64 thunks diimplementasikan untuk sebagian besar perpustakaan Unix , mengaktifkan modul PE 32-bit untuk memanggil perpustakaan Unix 64-bit. Setelah modul yang tersisa dikonversi ke PE, ini akan memungkinkan untuk menjalankan aplikasi 32-bit tanpa menginstal perpustakaan Unix 32-bit,” jelas para developers.
Selain itu, Wine 7.0 menambahkan dukungan untuk beberapa tampilan (multi-head) ke implementasi Direct3D untuk memungkinkan Anda memilih monitor mana yang akan digunakan program Direct3D untuk mode layar penuh, bersama dengan penyesuaian gamma tampilan menggunakan DXGI API, dan dukungan untuk GPU baru, termasuk AMD Radeon RX 5500M, AMD Radeon RX 6800/6800 XT/6900 XT, AMD Van Gogh, Intel UHD Graphics 630, dan NVIDIA GeForce GT 1030.

Perubahan besar lainnya dalam rilis ini mencakup dukungan tema yang lebih baik dengan tema default baru untuk tampilan yang lebih modern, peningkatan tumpukan HID (Human Interface Device) dan implementasi joystick dengan dukungan joystick WinMM baru, backend joystick DirectInput baru, dan panel kontrol joystick yang jauh lebih baik, serta porting semua modul ke format PE.

Ada juga pustaka Win32u baru yang mengimplementasikan ker sisi nel grafis dan dukungan manajemen jendela, driver Vulkan yang diperbarui dan peningkatan pada perender Vulkan untuk implementasi Wine Direct3D agar setara dengan perender OpenGL yang lebih lama dari Wine 6.0, dukungan awal untuk efek Direct2D, dukungan untuk decoding WMP (Windows Media Photo), peningkatan audio utama, dan fitur Direct3D 10 dan 11 baru.

Di antara perubahan penting lainnya, alat registri REG bawaan telah diperbarui untuk mendukung penyalinan kunci registri dan beroperasi pada 32-bit atau 64-bit tampilan registri, Apple Silicon Mac sekarang didukung, protokol komunikasi DTLS sekarang didukung, dan dukungan Windows Sockets telah diterapkan kembali. Lihat catatan rilis lengkap untuk lebih jelasnya.

Wine 7.0 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web resmi jika Anda ingin mengompilasinya sendiri. Jika tidak, Anda harus menunggu sampai tiba di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda untuk memperbarui.

Mengembangkan cerita…

Sumber: Google, 9to5linux.com