xf86-video-modesetting X.Org Driver Melihat Patch Untuk Membalik Halaman “TearFree”.

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara beberapa driver DDX X.Org di masa lalu telah mengimplementasikan opsi driver xorg.conf “TearFree” untuk mencoba menghilangkan robekan layar saat menjalankan Server X.Org tanpa lingkungan komposit, DDX generik xf86-video-modesetting yang banyak digunakan digunakan tidak memiliki opsi itu. Itu sampai pengembang akhirnya melangkah dan menunggu dukungan untuk opsi “TearFree”.
Driver DDX khusus perangkat keras seperti xf86-video-amdgpu dan driver xf86-video-intel yang sudah lama tidak dirawat telah lama menawarkan opsi “TearFree” dalam upaya untuk memberikan rendering layar bebas air mata dengan melibatkan mekanisme membalik halaman khusus perangkat keras. Namun saat ini DDX xf86-video-modesetting semakin banyak digunakan bagi mereka yang masih mengandalkan Server X.Org dan terutama jika tidak menggunakan pengelola jendela komposit, robekan layar masih dapat menjadi masalah di desktop Linux saat mendekati tahun 2023.
Pengembang

Independen Sultan Alsawaf telah berhasil menulis implementasi TearFree generik untuk driver xf86-vide-modesetting yang dapat diaktifkan secara opsional. Sultan merangkum karya tersebut sebagai:
Ini menambahkan dukungan untuk pembalikan halaman TearFree untuk menghilangkan robekan tanpa menggunakan kompositor. Itu mengalokasikan dua buffer bayangan untuk setiap CRTC, buffer belakang dan buffer depan, dan menggunakan pelacakan kerusakan untuk meminimalkan penyalinan yang berlebihan antara buffer dan melewati pembalikan yang tidak perlu saat konten layar tetap tidak berubah. Ini juga berfungsi pada layar yang diubah, seperti CRTC yang diputar dan diskalakan.
TearFree tidak mengizinkan klien DRI untuk melakukan pembalikan halaman karena TearFree sudah melakukan pembalikan halaman itu sendiri, dan pembalikan TearFree lebih disukai karena menggunakan pelacakan kerusakan, sedangkan pembalikan DRI tidak.
TearFree dinonaktifkan secara default. Dukungan TearFree untuk driver DDX ini sekitar 300 baris kode baru dan saat ini sedang menunggu tinjauan melalui permintaan penggabungan Server X.Org ini.

Itulah berita seputar xf86-video-modesetting X.Org Driver Melihat Patch Untuk Membalik Halaman “TearFree”., semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.