Zink Mengaktifkan OpenGL Threading Untuk “Keuntungan Perf Besar”

  • Post author:
  • Post category:Linux

Baru-baru ini driver open-source AMD OpenGL “RadeonSI” mengaktifkan threading OpenGL secara default untuk opsi “glthread” yang telah lama ikut serta dalam basis per-game/aplikasi. Bersamaan dengan itu, ada sejumlah peningkatan terkait glthread pada kode ini yang mendorong eksekusi panggilan OpenGL ke utas CPU yang terpisah. Driver Zink OpenGL-on-Vulkan kini juga telah mengaktifkan threading OpenGL tanpa syarat. Mike Blumenkrantz yang terus bekerja secara agresif pada Zink di bawah kontrak untuk Valve telah mengaktifkan “glthread” secara default. Dengan Mesa 22.3, Zink sekarang mengaktifkan opsi glthread secara default untuk apa yang Blumenkrantz gambarkan sebagai “perf gain besar.” Mike menyimpulkan permintaan penggabungan sebagai: “bersama dengan perubahan untuk membuatnya vrooooooooooooooooooooooooom.”

Dalam permintaan penggabungan itu, dia mencatat bahwa dukungan glthread mempercepat game Half-Life 2 yang didukung OpenGL sekitar 35%. Ini berada di atas sejumlah pengoptimalan kinerja terbaru lainnya yang dibuat untuk Zink untuk implementasi OpenGL generik yang dibangun di atas Vulkan API. Ada banyak hal yang dinanti-nantikan dengan Mesa 22.3 stabil pada bulan Desember. Beberapa tolok ukur Zink baru ada di daftar TODO saya yang memberikan kemajuan pesat baru-baru ini.

Itulah berita seputar Zink Mengaktifkan OpenGL Threading Untuk “Keuntungan Perf Besar”, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.