Zink OpenGL-On-Vulkan Terlihat Cukup Bagus & Bersinar Dengan Mesa 22.1

Baru-baru ini saya melakukan beberapa tes yang melihat kinerja Zink untuk OpenGL yang diimplementasikan di atas Vulkan API secara umum yang bekerja di seluruh driver. Dengan status Mesa 22.1, semua peningkatan Zink baru-baru ini terbayar dan di sini adalah tampilan cepat di mana kinerja bertentangan dengan menggunakan driver RadeonSI OpenGL.

Zink telah melihat banyak aktivitas selama setahun terakhir berkat Mike Blumenkrantz bekerja untuk Valve dan pengembang lain terlibat dalam upaya tersebut. Zink sekarang bahkan melihat dukungan pada Windows dengan penggunaan yang direncanakan oleh X-Plane, di antara pencapaian menarik lainnya tahun ini.

Dari snapshot Mesa 22.1-devel pada bulan April, saya menjalankan beberapa tolok ukur melihat bagaimana kinerja Zink (di atas driver Radeon RADV Vulkan) terhadap driver RadeonSI Gallium3D OpenGL dari status Mesa 22.1 yang sama. Kartu grafis Radeon RX 6800 XT digunakan untuk semua pengujian. Pengujian dilakukan pada sistem pengujian Intel Core i9 12900K Alder Lake yang biasa dengan Ubuntu 21.10 sementara ditingkatkan menggunakan kernel Linux 5.17 dan Mesa 22.1-devel di atas sesi GNOME Wayland.

Kinerja secara keseluruhan dalam kondisi yang baik seperti yang akan ditampilkan . Pengalamannya juga bagus secara keseluruhan dengan kompatibilitas game dan kualitas rendering. Masalah utama yang disebutkan dari pengujian adalah kedipan berlebihan yang terlihat dalam BioShock Infinite dan kepala hijau/artefak dalam Deus Ex: Mankind Divided dan beberapa tekstur yang menghitam.

Secara keseluruhan meskipun Zink menunjukkan hasil yang luar biasa dan banyak potensi untuk maju menggunakan Zink sebagai pengganti di masa mendatang ke driver OpenGL perangkat keras asli sehingga vendor dapat fokus pada driver Vulkan.

BioShock Infinite masih menunjukkan penalti kinerja yang signifikan untuk menggunakan Zink, tetapi bahkan frame-rate tetap dapat dimainkan. Meskipun ada kedipan yang mengganggu seperti yang disebutkan.

Civilization VI dengan kinerja yang cukup baik dengan Zink — masih menunjukkan overhead yang terukur dibandingkan dengan driver RadeonSI tetapi setidaknya mendekati 80% dari kinerja driver OpenGL telanjang untuk driver Zink generik ini.

The DDNet permainan platformer dengan salah satu adegan adalah salah satu kasus langka tetapi terkenal di mana Zink bahkan dapat mengungguli driver RadeonSI Gallium3D pada sistem desktop Linux yang didukung Radeon RX 6800 XT ini.

Deus Ex: Mankind Divided menunjukkan kinerja yang cukup sehat dengan Zink meskipun sesekali rendering artefak dan beberapa tekstur hitam dalam demo.

benchmark

Itulah berita seputar Zink OpenGL-On-Vulkan Terlihat Cukup Bagus & Bersinar Dengan Mesa 22.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.