Zorin OS 16.1 Berbasis Ubuntu Dirilis dengan LibreOffice 7.3 dan Linux Kernel 5.13

  • Post author:
  • Post category:Linux


Pengembang Zorin OS hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Zorin OS 16.1 sebagai rilis poin pertama untuk seri sistem operasi Zorin OS 16 terbaru yang diluncurkan pada Agustus 2021.

Zorin OS 16.1 hadir sekitar tujuh bulan setelah Zorin OS 16 dan dilengkapi dengan kernel yang lebih baru, yaitu Linux 5.13, dari sistem operasi Ubuntu 20.04.4 LTS (Focal Fossa) yang baru saja dirilis. Ini memberi pengguna kompatibilitas yang lebih baik untuk perangkat keras yang lebih baru, termasuk GPU NVIDIA RTX 3050, prosesor Intel Core Generasi ke-12, pengontrol Sony PlayStation 5 DualSense, laptop Framework, Apple Magic Mouse 2, serta perangkat lain.

Jika Anda bertanya-tanya, Versi kernel Linux 5.13 yang tersedia di Zorin OS 16.1 tidak ditambal terhadap kerentanan “Dirty Pipe” yang baru-baru ini diungkapkan, tetapi jika Anda memperbarui instalasi Zorin OS baru Anda, Anda akan menerima versi kernel Linux baru (linux-image 5.13.0.35. 44) yang ditambal terhadap kelemahan ini yang memberikan kemampuan kepada pengguna lokal yang tidak memiliki hak istimewa untuk meningkatkan hak istimewa mereka pada sistem.

Juga yang baru adalah suite kantor LibreOffice 7.3 terbaru dan terhebat, bersama dengan versi yang lebih baru dari beberapa aplikasi pra-instal dan komponen inti, termasuk Mesa 21.2.6 graphics stack dari Ubuntu 20.04.4 LTS dan Ubuntu 21.10, memberikan pengguna pengalaman desktop yang lebih kaya fitur dari get-go.

Zorin OS 16.1 tersedia untuk diunduh. dapatkan sekarang dari situs web resmi sebagai edisi Core, Lite, Education, dan Education Lite. Namun, gambar ISO baru ditujukan hanya untuk mereka yang ingin menerapkan Zorin OS di komputer baru atau pengguna yang ingin menginstal ulang. Pengguna Zorin OS 16 yang ada dapat meningkatkan instalasi mereka ke rilis baru dengan menginstal semua pembaruan yang tersedia dari utilitas Pembaruan Perangkat Lunak. Pengguna Zorin OS 16 Pro juga akan menerima versi Zorin OS 16.1 Pro atau Pro Lite dengan mengakses tautan unduhan dalam versi aslinya membeli email. Semua pembelian Zorin OS 16.1 Pro dan Pro Lite baru akan disumbangkan ke Palang Merah, Médecins Sans Frontires/Dokter Lintas Batas, dan bantuan kemanusiaan Tabletochki untuk membantu rakyat Ukraina.
“Sebagai orang Ukraina Irlandia, kami mendukung teman-teman kami dan kerabat di Ukraina pada saat yang sulit ini. Kepada orang-orang Ukraina yang terkena dampak perang, kami mengirimkan bantuan kepada Anda dan berjanji untuk mendukung Anda. Kami berharap situasinya segera mereda dan perdamaian dipulihkan di tanah air leluhur kami,” kata Artyom & Kyrill, pendiri Zorin OS.

Sumber: Google, 9to5linux.com