Soal PT, PKB Siap Negosiasi

  • Post author:
  • Post category:PKB
Partai, Kebangkitan Bangsa (PKB), tetap masi mempertahankan parliamentary treshold (PT) 2,5 persen, namun tetap membuka diri untuk bernegosiasi dengan partai besar yang mengingankan PT 5 persen.

Hal ini disampaiakn anggota Fraksi PKB DPR RI, Abdul Malik Haramain, kepada FMC, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa,19 JULI 2011. 

“Bentuk negosiasinya adalah partai-partai besar juga harus siap bernegosiasi. Artinya kalau kami menyepakati PT itu berubah di atas 2,5 menjadi 3 persen, maka partai-partai besar juga harus siap,” kata Haramain.
Menurutnya, partai besar jangan mempertahankan ego, karena pihaknya dan partai-partai kecil lainnya, sudah siap untuk lakukan negosiasi, guna menemuka solusi tepat dalam menetukan PT. Karena jangan sampai PT ini mematikan partai yang sementara berkembang di Indonesia.
“Kami harap jika negosiasi dilakukan, maka akan menemukan sebuah solusi yang tidak berimplikasi buruk pada partai-partai kecil,” katanya.
Dia melanjutkan, PKB siap menaikan dari 2,5 persen menjadi 3 persen. Yang penting partai besar juga siap menurunkan dari 5 persen menjadi 3 persen. “Sehingga kita ketemu di tengah-tengah,” tandasnya.
Partai besar yang menginginkan lima persen yakni, Golkar dan PDIP. Sementara Demokrat menginginkan 4 persen. Untuk PAN, PKS, PPP menginginkan 3 persen. Sisanya, PKB, Gerindra, Hanura, menginginkan PT 2,5 persen. Sumber: Fajar Online