10 Cara Membuka Command Prompt di Windows 10

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Command Prompt telah ada selamanya, dan masih merupakan sumber yang bagus untuk Anda miliki. Hari ini kami menunjukkan kepada Anda semua cara berbeda untuk membuka Command Prompt. Kami yakin Anda tidak mengetahui semuanya.

Command Prompt adalah alat yang sangat berguna. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa hal lebih cepat daripada yang dapat Anda lakukan di antarmuka grafis dan menawarkan beberapa alat yang tidak dapat Anda temukan di antarmuka grafis sama sekali. Dan dengan semangat keyboard-ninja sejati, Command Prompt juga mendukung semua jenis pintasan keyboard pintar yang membuatnya semakin bertenaga. Meskipun mudah untuk membuka Command Prompt dari menu Start, itu bukan satu-satunya cara untuk melakukannya. Jadi, mari kita lihat sisanya.

Catatan: Artikel ini didasarkan pada Windows 10, tetapi sebagian besar metode ini juga harus bekerja di versi Windows yang lebih lama.

Buka Command Prompt dari Windows+ X Power Users Menu

Tekan Windows+X untuk membuka menu Power Users, lalu klik “Command Prompt” atau “Command Prompt (Admin).”

Catatan: Jika Anda melihat PowerShell alih-alih Command Prompt di menu Power Users, itu adalah tombol muncul dengan Pembaruan Pembuat Konten untuk Windows 10. Sangat mudah untuk beralih kembali untuk menampilkan Prompt Perintah pada menu Pengguna Daya jika Anda mau, atau Anda dapat mencoba PowerShell. Anda dapat melakukan hampir semua hal di PowerShell yang dapat Anda lakukan di Command Prompt, ditambah banyak hal berguna lainnya.

Buka Command Prompt dari Task Manager

Buka Pengelola Tugas dengan lebih detail. Buka menu “File” dan kemudian pilih “Jalankan Tugas Baru.” Ketik cmd atau cmd.exe, lalu klik “OK” untuk membuka Command Prompt biasa. Anda juga dapat mencentang “Buat tugas ini dengan hak administratif” untuk membuka Prompt Perintah sebagai administrator.

Buka Prompt Perintah dalam Mode Admin dari Pengelola Tugas Rahasia Mudah Cara

Untuk membuka prompt perintah dengan hak istimewa administratif dari Pengelola Tugas dengan cepat, buka “File ” dan kemudian tahan tombol CTRL sambil mengklik “Jalankan Tugas Baru.” Ini akan segera membuka Command Prompt dengan hak administratif — tidak perlu mengetik apa pun.

Buka Command Prompt dari Start Menu Search

Anda dapat dengan mudah membuka Command Prompt dengan mengklik Start lalu mengetikkan “cmd” ke dalam kotak pencarian. Atau, klik / ketuk ikon mikrofon di bidang pencarian Cortana dan katakan “Luncurkan Command Prompt.”

Untuk membuka Command Prompt dengan hak administratif, klik kanan hasilnya lalu klik “Run as Administrator.” Anda juga dapat menyorot hasilnya dengan tombol panah lalu tekan Ctrl+Shift+Enter.

Buka Command Prompt Dengan Menggulir Melalui Menu Mulai

Klik Mulai. Gulir ke bawah dan perluas folder “Sistem Windows”. Klik “Prompt Perintah.” Untuk membuka dengan hak administratif, klik kanan Command Prompt dan pilih “Run as administrator.”

Buka Command Prompt dari File Explorer

Buka File Explorer, lalu navigasikan ke folder C:WindowsSystem32. Klik dua kali file “cmd.exe” atau klik kanan file dan pilih “Run as administrator.” Anda juga dapat membuat pintasan ke file ini dan menyimpan pintasan di mana pun Anda suka.

Buka Command Prompt dari Run Box

Tekan Windows+R untuk membuka kotak “Run”. Ketik “cmd” dan kemudian klik “OK” untuk membuka Command Prompt biasa. Ketik “cmd” lalu tekan Ctrl+Shift+Enter untuk membuka Command Prompt administrator.

Buka Command Prompt dari Bar Alamat File Explorer

Di File Explorer, klik bilah alamat untuk memilihnya (atau tekan Alt+D). Ketik “cmd” ke dalam bilah alamat dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt dengan jalur folder saat ini yang sudah ditetapkan.

Buka Command Prompt Di sini dari File Explorer Menu File

Dalam File Explorer, navigasikan ke folder mana pun yang ingin Anda buka di Command Mengingatkan. Dari menu “File”, pilih salah satu opsi berikut:

Buka command prompt. Membuka Prompt Perintah dalam folder yang dipilih saat ini dengan izin standar. Buka prompt perintah sebagai administrator. Membuka Prompt Perintah di dalam folder yang saat ini dipilih dengan izin administrator.

Buka Prompt Perintah dari Menu Konteks Folder di File Explorer

Untuk membuka jendela Prompt Perintah ke folder mana pun, Shift+klik kanan folder di File Explorer lalu pilih “Buka jendela perintah di sini.”

Buat Pintasan untuk Command Prompt di Desktop

Klik kanan tempat kosong di Desktop. Dari menu konteks, pilih New > Shortcut.

Type “cmd.exe” ke dalam kotak dan kemudian klik “Next.”

Catatan: Anda tidak perlu menentukan path lengkap untuk cmd.exe karena folder system32 ada di Sistem PATH.

Beri pintasan nama dan kemudian klik “Selesai.”

Anda sekarang dapat mengklik dua kali pintasan untuk membuka Command Prompt. Jika Anda ingin membuka Command Prompt dengan hak administratif, klik kanan pintasan dan pilih “Properties” dari menu konteks. Klik tombol “Lanjutan” dan centang opsi “Jalankan sebagai administrator”. Tutup kedua properti yang terbuka windows

Sekarang Anda hanya perlu mengklik dua kali pintasan untuk membuka Command Prompt sebagai administrator.

Itulah berita seputar 10 Cara Membuka Command Prompt di Windows 10, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.