10 Cara Sederhana untuk Mempercepat Situs WordPress Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tahukah Anda bahwa rata-rata pengguna akan meninggalkan situs web Anda jika memuat lebih dari 5 detik? Itu benar, jika situs web Anda memuat terlalu lambat, pengguna akan frustrasi dan pergi. Faktanya, Statistica melaporkan bahwa 47% pembeli online akan meninggalkan situs web jika memuat lebih dari 3 detik. Jika Anda pernah menghabiskan waktu menjelajahi Internet, Anda akan tahu betapa pentingnya kecepatan untuk membuat pengguna tetap terlibat. Tidak masalah seberapa hebat konten Anda atau seberapa bagus tampilan situs Anda – jika tidak dimuat cukup cepat, orang tidak akan bertahan cukup lama untuk mengetahuinya. Untungnya, ada banyak cara untuk mengoptimalkan situs web Anda sehingga memuat lebih cepat dari sebelumnya.

Situs web Anda adalah kesan pertama yang akan dimiliki pelanggan potensial Anda tentang bisnis Anda. Baik itu blog pribadi atau toko eCommerce, Anda ingin situs Anda terlihat bagus dan dimuat dengan cepat. Jika Anda sering frustrasi dengan pemuatan halaman yang lambat dan kinerja yang lambat, inilah saatnya untuk mempertimbangkan untuk mempercepat situs WordPress Anda. Situs web yang cepat tidak hanya membuat pengguna senang tetapi juga membantu mesin pencari mengindeks halaman Anda lebih cepat. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat beberapa cara mudah untuk membuat situs Anda lebih cepat dari sebelumnya.

Dalam posting blog ini, kita akan membahas beberapa cara untuk mempercepat situs WordPress Anda.
1. Pilih Penyedia Hosting yang Benar

Hosting web sangat penting untuk mendapatkan ruang bagi situs web WordPress Anda melalui web. Ada banyak perusahaan yang terlibat dalam layanan web hosting yang dapat membantu Anda dalam hal ini. Satu dapat menemukan berbagai jenis paket web hosting yang bervariasi dalam hal durasi waktu dan biaya. Namun, pemilik situs web memiliki pilihan untuk memilih paket hosting web yang diinginkan untuk situs tersebut selama durasi waktu tertentu dan membayar sesuai dengan itu.
5 Penyedia Hosting WordPress Terbaik
Cara Sederhana untuk Mempercepat Situs WordPress Anda
2. Instal Plugin Kinerja WordPress

A Plugin kinerja WordPress adalah solusi perangkat lunak sederhana yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kecepatan situs web Anda. Plugin ini dapat meningkatkan cara situs web Anda memuat dengan menyimpan konten dalam cache, mengompresi gambar, mengelola pengiriman aset, dan banyak lagi. Anda dapat menemukan banyak plugin kinerja WordPress di internet. Kami merekomendasikan WPRocket, yang dipercaya oleh lebih dari 1 juta pengguna WordPress.

WPRocket mudah dipasang dan dapat disesuaikan sepenuhnya. Setelah Anda menginstalnya, Anda dapat masuk ke pengaturan situs web Anda dan memilih bagaimana Anda ingin mengoptimalkan kecepatan situs Anda. WPRocket juga dilengkapi dengan alat Audit Situs yang menganalisis situs Anda dan memberi tahu Anda di mana Anda mengalami masalah dan bagaimana Anda dapat meningkatkan kecepatan situs web Anda.
WP-Rocket: Percepat Situs WordPress AndaWP-Rocket: Mempercepat Situs WordPress Anda3. Pilih Tema atau Kerangka yang Tepat

Tema situs web Anda adalah salah satu faktor terbesar yang memengaruhi seberapa cepat pemuatannya. Jika tema Anda terlalu berat, itu akan memperlambat situs Anda. Namun, jika tema Anda ringan, itu tidak akan menyebabkan banyak penundaan. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal ini dan akhirnya memilih tema yang terlalu berat. Jika Anda ingin mempercepat situs web Anda, Anda harus memilih tema yang ringan. Untuk menemukan tema yang ringan, lihat daftar 20 tema WordPress tercepat teratas ini. Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak menggunakan terlalu banyak plugin – masing-masing dapat memperlambat situs Anda.

Tingkatkan WordPress Anda 1
4. Optimalkan Gambar Anda

Images dapat membuat situs web Anda lebih menarik dan menarik, tetapi jika terlalu besar, mereka akan memperlambat situs Anda. Jika Anda ingin mempercepat situs web Anda dan membuat pengguna Anda senang, Anda perlu mengoptimalkan gambar Anda. Ini berarti Anda harus menemukan perangkat lunak pengedit gambar yang dapat membantu Anda mengubah ukurannya tanpa mengurangi kualitasnya.

Anda dapat menggunakan alat pengeditan gambar untuk mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas dengan: Saat mengoptimalkan gambar, Anda akan membuat situs web Anda lebih cepat. Ini berarti bahwa pengguna akan cenderung tidak frustrasi dan pergi – dan mereka akan cenderung mengeklik ke halaman berikutnya.
5. Tentukan Strategi Konten

Pernah memperhatikan bagaimana beberapa situs web tampaknya terus memperbarui konten mereka, sementara yang lain tidak sering memperbarui? Perbedaannya mungkin dalam strategi konten. Strategi konten adalah cetak biru yang Anda ikuti untuk membuat konten di situs web Anda. Dengan strategi konten, Anda dapat membuat jadwal dan menyederhanakan proses penerbitan Anda, yang mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat konten baru. Ini berarti Anda dapat membuat dan mempublikasikan konten baru lebih cepat, yang mempercepat situs web Anda. Strategi konten

A juga dapat membantu Anda untuk fokus pada konten berkualitas daripada kuantitas. Ini berarti Anda akan membuat lebih sedikit posting tetapi Anda akan menerbitkan posting yang berisi lebih banyak informasi. Ketika Anda menerbitkan lebih sedikit posting tetapi fokus pada kualitas, Anda dapat membantu pengunjung Anda. Ini berarti konten Anda akan lebih bermanfaat dan pembaca Anda akan mendapat manfaat darinya.
6. Menggabungkan Konten Statis dan Dinamis

Konten statis dan dinamis adalah dua jenis konten berbeda yang sering digunakan situs web. Konten statis tidak berubah, sedangkan konten dinamis adalah konten yang berubah secara teratur. Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa situs web menggunakan konten yang lebih statis sementara yang lain menggunakan konten yang lebih dinamis. Perbedaan ini dapat memengaruhi seberapa cepat situs dimuat. Saat Anda menggabungkan konten statis dan dinamis, Anda dapat membantu situs web Anda memuat lebih cepat. Ini karena beberapa konten Anda akan tetap tidak berubah, sementara konten lainnya akan berubah secara teratur.

Daripada membuat satu pos besar yang mengubah segalanya di situs web Anda secara teratur, buatlah pos yang statis dan pos lain yang berubah secara teratur. Saat Anda menggabungkan konten statis dan dinamis, Anda dapat membantu situs web Anda memuat lebih cepat. Ini karena beberapa konten Anda akan tetap tidak berubah, sementara konten lainnya akan berubah secara berkala.
7. Jaringan Penyampaian Konten (CDN)

Internet terus berkembang, dan memiliki situs web yang memuat dengan cepat sangat penting. CDN adalah jaringan server di seluruh dunia yang dapat membantu mempercepat situs WordPress Anda. Ini bisa menjadi sangat penting jika Anda memiliki banyak pengunjung. Ada beberapa jenis CDN, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama: untuk menyimpan halaman dan membuatnya memuat lebih cepat. Anda harus menggunakan CDN jika Anda khawatir tentang kinerja yang lambat atau lalu lintas yang tinggi.

Ada beberapa keuntungan menggunakan CDN. Pertama, ini dapat meningkatkan kecepatan keseluruhan situs WordPress Anda dengan mengurangi latensi. Kedua, ini dapat membantu mengurangi ketegangan server karena mengurangi jumlah permintaan pada server tertentu. Ketiga, ini juga dapat membantu SEO karena menambahkan lapisan konten ke situs Anda.
8. Aktifkan Gzip Compression

Kompresi Gzip adalah fitur yang disertakan oleh beberapa penyedia hosting sebagai bagian dari layanan mereka. Jika Anda menggunakan shared hosting, Anda mungkin sudah harus melakukan kompresi gzip. Jika tidak, Anda dapat mengaktifkannya di pengaturan situs web Anda. Gzip adalah jenis kompresi yang dapat membantu mengurangi ukuran aset situs web Anda. Ini berarti bahwa situs web Anda akan memuat lebih cepat. Kompresi Gzip dapat membantu mempercepat situs web Anda, terutama jika Anda menggunakan WordPress. Jika Anda mengaktifkan kompresi gzip, ini akan mengurangi ukuran situs WordPress Anda dan membantu mempercepatnya.

Tingkatkan WordPress Anda 3
9. Pertahankan Pengoptimalan Basis Data

Pengoptimalan yang tepat dari basis data situs web Anda dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan situs. Itu bisa dilakukan dengan menggunakan plugin yang mengoptimalkan database situs dengan benar. Misalnya, WP-Sweep adalah plugin pengoptimal basis data penting yang menyertakan fungsi berharga yang memungkinkan seseorang mengelola basis data situs dengan mudah. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan kinerja dan kecepatan online situs juga.

Tingkatkan WordPress Anda 4
10. Mengatasi 404 Errors

Sering kali, Anda menemukan kesalahan 404 atau tidak menemukan kesalahan saat mencari halaman web apa pun secara online. Jika situs WordPress Anda mulai menampilkan kesalahan 404, penting untuk segera menghapusnya. Kesalahan ini menunjukkan pemutusan dari server dan juga dapat menurunkan kecepatan situs web. Dengan menyelesaikan masalah ini, Anda dapat dengan mudah meningkatkan kecepatan situs.

Cara Mengarahkan Halaman Kesalahan 404 ke Halaman Beranda di WordPress
Cara Mengarahkan Halaman Kesalahan 404 ke Halaman Beranda di WordPress
Tingkatkan WordPress Anda 2
Conclusion

Jika Anda ingin mempercepat situs WordPress, Anda perlu melihat desain, gambar, dan konten situs Anda. Anda juga dapat menginstal plugin kinerja situs web untuk membantu Anda mengoptimalkan kecepatan situs Anda. Jika situs web Anda terlalu lama dimuat, pengguna akan frustrasi dan pergi. Pastikan situs web Anda dimuat dengan cepat dengan mengoptimalkan gambar Anda, menggunakan tema yang ringan, dan menggabungkan konten statis dan dinamis. Anda juga dapat mengaktifkan kompresi gzip untuk membantu mengurangi ukuran situs Anda. Jika Anda mengikuti tips ini, Anda dapat mempercepat situs WordPress Anda dan membuat pengguna Anda senang.

Referensi tecadmin.com