10 Fitur Alexa yang Harus Anda Gunakan di Amazon Echo

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Alexa di perangkat Amazon Echo Anda dapat melakukan lebih dari yang Anda kira. Anda dapat menggunakannya untuk melindungi rumah Anda, mendapatkan detail lalu lintas, mengatur pengingat, dan banyak lagi. Inilah cara mendapatkan hasil maksimal dari asisten virtual Amazon.

1. Kelola Alexa Dari Desktop atau Ponsel Anda

Jika Anda belum tahu, Anda dapat mengontrol berbagai fitur Alexa langsung dari desktop, iPhone, atau smartphone Android Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah berbagai opsi pengaturan untuk Echo Anda tanpa memerlukan akses fisik ke perangkat Anda. Anda dapat mengelola semuanya mulai dari pengingat dan alarm hingga perangkat rumah pintar yang terhubung.

Di desktop, Anda dapat menggunakan situs web Amazon Alexa untuk melakukannya, meskipun perlu dicatat bahwa implementasi web tidak sekuat dulu. Anda akan memiliki pengalaman yang lebih baik menggunakan aplikasi seluler Alexa resmi di iPhone dan Android.

2. Hentikan Alexa Dari Mendengarkan Kata Bangun

Alexa membuka telinganya sepanjang waktu sehingga dia dapat mendengar kata bangun dan menjawab pertanyaan Anda. Namun, ini bisa menjadi masalah jika Anda memiliki seseorang atau sesuatu bernama Alexa di sekitar Anda. Anda akan berakhir secara tidak sengaja memicu Alexa (asisten virtual) sesekali.

Untungnya, Anda dapat membuat Alexa berhenti mendengarkan kata bangun. Untuk melakukan ini, pada perangkat Echo Anda, tekan tombol Mic. Alexa tidak akan mendengarkan kata bangun lagi.

Untuk membuatnya mendengarkan kata bangun lagi, cukup tekan tombol Mic yang sama di perangkat Echo Anda. Ubah Alexa’s Wake Word

“Alexa” bukan satu-satunya nama yang dapat Anda gunakan untuk meluncurkan asisten virtual ini. Amazon memungkinkan Anda memilih dari berbagai nama dan istilah yang dapat Anda gunakan untuk memanggil asisten virtual Anda. Kata-kata ini termasuk “Amazon,” “Echo,” dan banyak lagi.

Anda dapat mengubah kata bangun perangkat Anda menggunakan situs web Alexa di desktop. Nanti, Anda dapat kembali ke kata bangun asli jika Anda mau.

4. Jadikan Alexa Bicara Lebih Cepat atau Lebih Lambat

Jika menurut Anda Alexa berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat, Anda dapat memintanya untuk menyesuaikan kecepatan bicaranya. Cukup ucapkan “Alexa, bicara lebih lambat” atau “Alexa, bicara lebih cepat” dan dia akan mematuhi perintah Anda.

Itu akan memungkinkan Anda untuk mendengarkan kata-kata tertentu dengan hati-hati, atau menyelesaikan semuanya dengan cepat jika Anda ingin mendapatkan informasi Anda dengan cepat.

5 . Dapatkan Jawaban Cepat Dengan Mode Singkat

Terkadang, jawaban Alexa untuk pertanyaan Anda terlalu bertele-tele. Dia mungkin terus mengatakan hal-hal kecil yang pada akhirnya akan mengganggu Anda. Untungnya, ada jalan keluarnya.

Masukkan Mode Singkat, fitur Alexa yang membuat asisten virtual mempersingkat tanggapannya. Saat mode ini diaktifkan, Alexa tidak akan berbicara sebanyak biasanya. Anda dapat mengaktifkan mode tersebut dengan mengakses situs web Alexa, menuju ke Pengaturan > Alexa Voice Responses, dan mengaktifkan “Brief Mode.”

Di halaman yang sama, Anda dapat membuat Alexa membisikkan tanggapannya dengan mengaktifkan opsi “Whispered Responses”.

6. Dapatkan Detail Lalu Lintas Perjalanan Anda

Alexa dapat memberi tahu Anda jenis lalu lintas apa yang akan Anda temui dalam perjalanan ke kantor Anda. Selama Anda telah menentukan alamat Ke dan Dari Anda di Alexa, Anda hanya perlu satu kueri untuk mendapatkan detail lalu lintas perjalanan Anda.

Jika Anda belum melakukannya, Anda dapat mengonfigurasi alamat Ke dan Dari Anda di menu Pengaturan > Lalu Lintas di situs web Alexa.

7. Gunakan Alexa sebagai Aplikasi Pengingat

Sangat mudah untuk melupakan tugas penting Anda dalam kehidupan yang sibuk ini. Menyiapkan pengingat untuk setiap tugas Anda di aplikasi pengingat seluler juga rumit.

Untungnya, Anda dapat menggunakan asisten Alexa sebagai alat pengingat. Cukup tanyakan kepada Alexa kapan Anda ingin diingatkan dan tentang apa, dan dia akan memastikan untuk mengirimkan pemberitahuan kepada Anda pada waktu yang ditentukan.

Misalnya, Anda dapat meminta Alexa untuk mengingatkan Anda untuk minum air pada jam 2 siang, dan dia akan mengirimi Anda peringatan ketika saatnya tiba.

8. Lakukan Banyak Tugas Sekaligus Dengan Rutinitas

Menyelesaikan satu tugas dengan Alexa itu mudah, tetapi bagaimana jika Anda ingin asisten virtual Anda melakukan serangkaian tugas dengan satu perintah? Untungnya, ada cara untuk melakukannya.

Masukkan Rutinitas Alexa, fitur tempat Anda dapat mengonfigurasi banyak tugas. Kemudian, Anda dapat meminta Alexa untuk menjalankan Rutinitas ini dan dia akan melakukan semua tugas yang ditambahkan ke Rutinitas Anda. Salah satu penggunaan yang baik dari fitur ini adalah untuk ritual sebelum tidur Anda. Anda dapat membuat Alexa menutup pintu, mematikan lampu, dan bahkan memutar musik yang menenangkan agar Anda dapat tidur.

Anda dapat mengonfigurasi Rutinitas Alexa dari menu Lainnya > Rutinitas di aplikasi seluler Alexa.

9. Dapatkan Pembaruan Rumah Saat Anda Pergi

Alexa menawarkan fitur keamanan yang disebut Penjaga untuk membantu Anda mengawasi rumah Anda saat Anda pergi. Fitur ini mendengarkan suara-suara tertentu, seperti suara pecahan kaca dan alarm asap yang berbunyi.

Ketika Alexa mendeteksi suara-suara itu, Anda mendapatkan pemberitahuan serta klip audio singkat dari suara tersebut, yang memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di rumah Anda sehingga Anda dapat mengambil tindakan apa pun yang diperlukan.

Anda dapat mengaktifkan fitur Alexa’s Guard dari menu More > Settings > Guard di aplikasi seluler Alexa. Anda dapat membeli fitur Guard Plus dengan biaya tambahan jika Anda ingin otoritas darurat diberi tahu saat suara tersebut diputar di rumah Anda.

10. Gunakan Perangkat Echo Anda sebagai Speaker Bluetooth

Terakhir, Anda dapat menggunakan Amazon Echo yang diaktifkan Alexa sebagai speaker Bluetooth. Dengan cara ini, Anda dapat menghubungkan perangkat berkemampuan Bluetooth ke Echo Anda dan memutar musik favorit Anda.

Anda mungkin ingin menggunakan fitur ini saat aplikasi musik favorit Anda tidak didukung oleh Alexa, atau saat Anda lebih suka memutar musik dari ponsel atau desktop Anda. Anda dapat memasangkan ponsel atau desktop dengan Amazon Echo Anda hanya dengan menanyakan “Alexa, pair.”

Dan itulah beberapa fitur Alexa yang dapat Anda gunakan untuk membuat perangkat Amazon Echo Anda lebih berguna. Kami harap daftar ini bermanfaat bagi Anda.

Itulah berita seputar 10 Fitur Alexa yang Harus Anda Gunakan di Amazon Echo, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.