10 Fitur Baru Windows 11 Yang Harus Anda Gunakan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda telah menggunakan Windows 11 untuk sementara waktu sekarang atau Anda baru saja memulai dengan PC Windows 11 baru, ada beberapa fitur baru yang berguna yang mungkin Anda lewatkan. Berikut adalah sepuluh yang hebat yang harus Anda gunakan.

Menu Pengaturan Cepat

Salah satu fitur baru terbaik dari Windows 11 adalah menu Pengaturan Cepat, yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengubah volume sistem, kecerahan, pengaturan Wi-Fi, opsi daya, dan banyak lagi. Ini menggantikan Pusat Aksi dari Windows 10.

Untuk menggunakannya, tekan Ctrl+A pada keyboard Anda atau klik ikon volume dan Wi-Fi di sudut kanan bilah tugas. Saat muncul, Anda akan melihat berbagai tombol yang memungkinkan Anda mengontrol aspek PC Anda. Anda dapat menyesuaikan menu dengan mengklik ikon pensil di sudut kanan bawah menu.

Menu Snap Baru

Snap—yang memungkinkan Anda mengubah ukuran jendela dengan cepat ke area layar yang telah ditentukan sebelumnya tanpa tumpang tindih—bukanlah fitur baru untuk Windows 11. Tapi menu Snap berguna adalah. Ini memungkinkan Anda memilih dari enam tata letak jendela yang berbeda dengan diagram yang bagus untuk referensi. Untuk menggunakannya, arahkan kursor ke tombol Maksimalkan (kotak di sudut kanan atas bilah judul jendela di samping “X”), lalu klik bagian tata letak yang ingin Anda gunakan. Jendela akan langsung masuk ke posisinya. Cukup bagus!

Windows Terminal

Windows Terminal tersedia untuk Windows 10, tetapi dilengkapi dengan Windows 11 built-in, dan ini adalah cara yang bagus untuk mengakses baris perintah. Bahkan, Anda dapat beralih antara Windows PowerShell, Command Prompt, Azure Cloud Shell, dan bahkan Ubuntu Linux jika Anda menginstal Windows Subsystem for Linux (WSL). Untuk menggunakan Terminal Windows, cari di menu Start, atau klik kanan tombol Start dan pilih “Windows Terminal” di menu yang muncul.

Tema dan Wallpaper Baru

Windows 11 mencakup beberapa tema baru yang indah dan lebih dari selusin wallpaper baru untuk dipilih. Wallpaper memberikan tampilan kontemporer dan keren pada PC Anda, dan tema memungkinkan Anda beralih dengan cepat di antara gaya tergantung pada suasana hati Anda.

Untuk mengubah latar belakang desktop, tekan Windows+i (untuk membuka Pengaturan Windows) dan navigasikan ke Personalisasi > Latar Belakang. Untuk mengubah tema, buka Pengaturan dan navigasikan ke Personalisasi > Tema. Klik thumbnail dari tema yang Anda inginkan, dan itu akan langsung beralih.

Ikon Bilah Tugas Terpusat

Anda mungkin memperhatikan bahwa Windows 11 menempatkan tombol Mulai dan ikon aplikasi di tengah bilah tugas secara default—perubahan besar dari Windows 10 (walaupun Anda masih dapat menyelaraskannya ke kiri jika mau). Tata letak tengah ini terasa menyenangkan di perangkat layar sentuh, tetapi kami juga terkejut dengan betapa bergunanya rasanya dalam mode desktop juga—terutama pada tampilan ultrawide (yang Anda butuhkan ada tepat di tengah layar). Jadi, jika Anda segera menyelaraskan ikon bilah tugas ke kiri saat mulai menggunakan Windows 11, cobalah ikon tengah—Anda mungkin menikmatinya. Windows 11 memungkinkan Anda untuk menetapkan wallpaper desktop khusus ke setiap desktop virtual. Ini membuatnya berguna untuk menentukan secara visual desktop mana yang sedang Anda kerjakan. Untuk menetapkan wallpaper, beralih ke desktop virtual, klik kanan desktop dan pilih “Personalisasi.” Kemudian pilih “Latar Belakang”, dan Anda dapat mengubah wallpaper di sana.

Dan jika Anda tidak tahu tentang desktop virtual, Anda juga harus menggunakannya. Klik ikon tampilan tugas di bilah tugas (dua kotak yang tumpang tindih) dan klik tombol plus (“+”) berlabel “Desktop Baru.” Anda dapat beralih antar desktop dalam tampilan tugas kapan saja dengan mengeklik ikon gambar mini desktop yang berbeda.

Notepad Baru

Windows 11 sekarang menyertakan versi baru editor file teks Notepad (dan pencatat cepat yang luar biasa) yang cocok dengan tema sistem dengan sudut membulat. Ini juga mencakup opsi untuk beroperasi dalam mode gelap atau beralih antara mode terang dan gelap secara otomatis berdasarkan tema sistem (klik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela Notepad untuk mengubah pengaturan ini). Yang terbaik dari semuanya, Anda masih dapat menekan F5 untuk mendapatkan stempel waktu/tanggal instan, yang merupakan fitur favorit kami.

Microsoft Teams

Jika bisnis atau grup Anda menggunakan Microsoft Teams untuk berkoordinasi dan berkomunikasi satu sama lain, Anda akan senang mengetahui bahwa Teams sangat terintegrasi ke dalam Windows 11 berkat fitur Obrolan yang dapat Anda akses dengan mengeklik ikon gelembung kata berwarna ungu di bilah tugas Anda. Anda juga dapat menggunakan Teams untuk kolaborasi, berbagi kalender, dan obrolan video juga, sehingga dapat menjadi alat produktivitas yang hebat.

Berbagi Dekat

Yang ini sedikit curang, karena ada di Windows 10 juga, tetapi hanya sedikit orang yang tahu tentang Berbagi Terdekat sehingga terasa seperti fitur baru. Ini memungkinkan Anda mentransfer file secara nirkabel antara dua mesin Windows menggunakan Bluetooth dengan cara yang mirip dengan AirDrop di Mac. Untuk menggunakan Berbagi Terdekat, Anda harus mengaktifkannya di Pengaturan > Sistem > Berbagi Terdekat. Kemudian Anda dapat mengklik kanan file apa pun di File Explorer, pilih ikon Bagikan, dan pilih PC tujuan di menu. Mesin penerima juga harus mengaktifkan Berbagi Terdekat.

Menjalankan Aplikasi Android

Terima kasih kepada Amazon Appstore, yang tersedia gratis di Microsoft Store, kini Anda dapat menjalankan Android aplikasi di Windows 11 jika PC Anda mendukung virtualisasi perangkat keras. Untuk melakukannya, buka Microsoft Store (cari di Mulai), lalu instal Amazon Appstore, dan Anda akan dipandu melalui proses menginstal Subsistem Windows untuk Android. Setelah restart, Amazon Appstore akan terbuka secara otomatis. Masuk dengan akun Amazon, dan Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi Android. Selamat bersenang-senang!

Itulah berita seputar 10 Fitur Baru Windows 11 Yang Harus Anda Gunakan, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.