10 Fitur MacBook yang Harus Anda Gunakan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Memadukan kekuatan dan portabilitas, seri MacBook adalah yang paling serbaguna dari semua komputer Apple. Baik Anda menghemat uang untuk membeli MacBook Air yang ringan atau membeli pembangkit tenaga listrik portabel dalam bentuk MacBook Pro, berikut adalah beberapa fitur menonjol yang harus Anda gunakan. Prosesor Apple Silicon seperti M1 dan M2, masa pakai baterai meningkat drastis. MacBook Air pertama dengan prosesor M1 bekerja sekitar sepertiga lebih lama dari pendahulunya, sedangkan MacBook Pro 16 inci 2021 menggandakan masa pakai baterai dalam pemutaran video dibandingkan dengan model 2019.

Anda dapat mengharapkan sekitar 17 jam “web nirkabel” dengan MacBook Pro 13 inci dengan chip M2 dan kinerja serupa dari M2 MacBook Air yang direvisi yang dirilis pada tahun 2022. Pemilik MacBook Pro dengan chip M1 Pro dapat mengharapkan sekitar 16 jam dalam model 16 inci, yang membanggakan masa pakai baterai terbaik model 2021.

M1 Max tidak berjalan dengan baik, tetapi mengingat kekuatan yang Anda miliki, ini masih merupakan angka yang mengesankan. Tergantung pada apa yang Anda pilih, Anda mungkin merasa nyaman meninggalkan pengisi daya di rumah saat bepergian. Nbsp

Model apa pun yang Anda miliki, Anda harus menolak meninggalkan pengisi daya MacBook sepanjang hari. Manfaatkan kebebasan yang disediakan baterai sepanjang hari. Jika Anda khawatir tentang menjaga baterai MacBook Anda dalam kondisi prima, instal aplikasi seperti AlDente untuk menjaga agar laptop Anda tidak melebihi daya 80%. terbaik) speaker laptop di pasaran. Penyegaran Apple 2021 ditingkatkan pada hasil yang sudah mengesankan, menambah kedalaman respons bass yang dapat ditandingi oleh beberapa model lain. Kedengarannya luar biasa saat Anda duduk tepat di depannya, dan dapat memenuhi ruangan serta banyak speaker Bluetooth portabel jika diperlukan.

ApplebspMacBook Air tidak memiliki banyak ruang di sasis untuk suara yang begitu mengesankan , tapi masih di atas sana untuk laptop sebesar ini. Jangan merasa terikat dengan headphone Anda saat mendengarkan musik. Pro dan Air sangat bagus untuk menonton film atau streaming video, dengan asumsi Anda berada di lingkungan tempat Anda dapat menaikkan volume. Pemutaran

HDR pada Layar Cerah

MacBook Pro 2021 14 inci dan 16 inci dilengkapi dengan layar mini-LED cantik yang bahkan lebih terang dari kebanyakan TV modern. Mencapai kecerahan puncak 1600 nits dalam konten HDR, bersiaplah untuk terpesona saat menonton video HDR10, Dolby Vision, atau HDR yang Anda rekam sendiri di iPhone.

Berkat teknologi mini-LED, MacBook Pro memanfaatkan peredupan secara intensif zona untuk meningkatkan rasio kontras dengan mematikan lampu latar untuk meningkatkan reproduksi hitam. Model 14 inci memiliki 2.010 zona peredupan, sedangkan model 16 inci memiliki 2.554. Kualitasnya tidak terlalu OLED (dan berkembang bisa menjadi masalah) tetapi ini masih merupakan salah satu tampilan notebook terbaik di pasar.

Bahkan MacBook Air M2 dapat melakukan perlawanan yang layak, meskipun tampilannya hanya mencapai kecerahan maksimum 500 nits . Ini masih lebih unggul dari banyak monitor yang mengusung standar DisplayHDR 400, dan bezel yang lebih tipis merupakan peningkatan nyata pada model M1.

Pengisian Cepat

Model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci semuanya mendukung pengisian daya cepat, seperti halnya MacBook Air M2 model, asalkan Anda menggunakan pengisi daya yang sesuai. Sayangnya, Apple tidak menyertakan pengisi daya yang diperlukan di dalam kotak untuk semua model.

Semua model MacBook Pro 16 inci dilengkapi dengan pengisi daya 140w yang cukup kuat dan sebagian besar model MacBook Pro 14 inci dilengkapi dengan pengisi daya 96w yang dapat mengisi daya dengan cepat keluar dari kotak. Jika Anda memiliki MacBook Pro 14 inci yang menggunakan M1 Pro dengan CPU 8 inti, pengisi daya 67 watt di dalam kemasan tidak cukup baik. Sebagai gantinya, Anda memerlukan adaptor USB-C Apple 96w.

Semua model M2 MacBook Air memiliki kemampuan pengisian cepat, tetapi tidak ada yang dikirimkan dengan adaptor daya yang mendukung fitur tersebut. Untuk itu, Anda memerlukan adaptor USB-C Apple 67w. Ini bisa bernilai investasi jika Anda ingin dapat menambah daya laptop Anda dalam waktu singkat (pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit). MacBook Air (2022) dengan adaptor daya USB-C 67w ini. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengisi daya iPhone atau iPad dengan cepat, dengan adaptor USB-C ke Lightning yang tepat.

Perhatikan bahwa pengisian daya cepat hanya dapat dilakukan menggunakan port MagSafe pada model MacBook Pro 16 inci, dan tidak akan berfungsi melalui USB-C meskipun Anda memiliki adaptor yang kuat dan sesuai. Model lain dapat menggunakan pengisian cepat USB-C, selama kabel USB-C mampu membawa muatan.

Daya dan Isi Daya melalui USB-C

Pre-Apple Silicon MacBooks hanya diisi daya melalui USB-C, tetapi lebih baru 14 dan 16- model inci MacBook Pro (2021) dan M2 MacBook Air (2022) memperkenalkan kembali MagSafe. Solusi pengisian daya yang unggul ini menggunakan magnet yang kuat untuk menahan kabel daya Anda di tempatnya saat mengisi daya yang terlepas dengan aman jika Anda kebetulan menangkapnya (menyelamatkan laptop Anda dari kerusakan akibat terjatuh).

ApplebspMagSafe bukan satu-satunya cara Anda dapat memberi daya pada laptop Anda , namun. Semua model dengan MagSafe juga dapat diberi daya menggunakan kabel USB-C yang tersambung ke adaptor yang sesuai. Ini bahkan bisa menjadi satu titik koneksi untuk monitor USB-C yang kompatibel.

Sayangnya, tidak ada model MagSafe MacBook Pro atau Air yang mendukung pengisian daya cepat melalui USB-C.

Portable Airplay Screen Mirroring

AirPlay memungkinkan Anda mencerminkan layar atau mengeluarkan video dan audio ke perangkat secara nirkabel dari iPhone, iPad, atau Mac lainnya. MacBook Anda dapat bertindak sebagai penerima AirPlay, memberi Anda monitor nirkabel portabel untuk menampilkan foto, video, atau apa pun yang terjadi di layar Anda ke mana pun Anda membawanya.

Anda dapat mengatur izin AirPlay di Pengaturan Sistem > Umum > AirPlay dan Handoff. Ini ideal untuk memamerkan sesuatu dari iPhone Anda ke sekelompok orang atau mendengarkan audio seperti musik di speaker superior MacBook Anda. Gunakan Gerakan Trackpad untuk Menavigasi macOS

macOS adalah sistem operasi yang sangat diuntungkan dari gerakan trackpad. Ada begitu banyak gerakan yang menjadi kebiasaan dengan beberapa latihan yang bahkan pemilik Mac desktop harus berinvestasi di Magic Trackpad opsional Apple. Tetapi semua pemilik MacBook, apa pun modelnya, memiliki trackpad bawaan.

Anda dapat melihat daftar lengkap gerakan dan menyesuaikannya di Pengaturan Sistem > Trackpad. Beberapa gerakan yang paling berguna termasuk mencubit untuk memperbesar dan memutar dengan dua jari untuk memanipulasi peta dan mengedit foto, menggesek ke kiri atau kanan dengan tiga (atau empat) jari untuk berpindah ruang, memicu Mission Control atau App Expose dengan menggesek tiga jari ke atas dan ke bawah, dan membuka desktop dengan cepat dengan merentangkan tiga jari dan ibu jari Anda.

Panel pengaturan Trackpad juga memiliki beberapa video untuk membantu mendemonstrasikan cara melakukan gerakan dan fungsinya. Jika Anda mengalami masalah dengan klik dan seret menggunakan trackpad, sebaiknya aktifkan “Seret Tiga Jari” di Pengaturan Sistem > Aksesibilitas > Kontrol Penunjuk > Opsi Trackpad. ideal untuk profesional media, dengan semua model termasuk pemutaran H.264, HEVC, ProRes, dan ProRes RAW yang dipercepat perangkat keras. M1 Pro menghadirkan kemampuan dekode, enkode, dan dekode video perangkat keras, serta kemampuan enkode dan dekode ProRes, sedangkan M1 Max meningkatkannya menjadi dua enkode perangkat keras dan dua mesin enkode dan dekode ProRes. dekode video tunggal, enkode video, dan mesin enkode dan dekode ProRes. Ini membuat kedua model cocok untuk mereka yang sering bekerja dengan video, dengan chip M1 Pro dan M1 Max lebih cocok untuk profesional yang membutuhkan daya saat bepergian. Akses Media atau Perluas Penyimpanan dengan Pembaca Kartu SD (MacBook Pro)

Semua 14 dan Model MacBook Pro 16 inci 2021 telah diberkati dengan pembaca kartu SD, yang sangat menyenangkan fotografer dan videografer di mana saja. Pembaca kartu menyediakan cara praktis untuk mengakses media yang disimpan di kartu SD (atau kartu microSD dengan adaptor) tanpa memerlukan dongle.

Bahkan jika Anda bukan tipe kreatif, Anda mungkin masih tertarik menggunakan pembaca kartu slot untuk memperluas penyimpanan MacBook Anda menggunakan adaptor yang duduk rata dengan sasis. Pilih dari Transcend JetDrive Lite dalam ukuran yang Anda pilih atau Adaptor microSD BaseQi 420A dengan kartu microSD Anda sendiri penyimpanan MacBook Pro 2021 inci dengan cara mudah dengan Transcend JetDrive Lite 330. Ekspansi ini cocok dengan slot kartu SD Anda dan duduk rata dengan sasis, menambahkan ruang tambahan 512GB atau 1TB.

Penting perhatikan bahwa pembaca kartu SD tidak terlalu cepat, mencapai sekitar 300MB/dtk dengan kartu UHS-II. Hal ini membuatnya tidak cocok untuk menyimpan aplikasi atau untuk aplikasi profesional di mana kecepatan baca dan tulis sangat penting (seperti mengedit bitrate tinggi 4K video). Yang mengatakan, ini bagus untuk menyimpan dokumen, penyimpanan “dingin” file yang tidak sering Anda perlukan, atau bahkan untuk tujuan pencadangan Time Machine. ke mereka seri acBook, juga tidak terbatas pada model Apple Silicon baru. Meskipun demikian, ini adalah fitur yang sangat bagus sehingga layak untuk disebutkan. Sekarang Windows di ARM mendukung sebagian besar aplikasi x86 64-bit, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk masuk.

Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan solusi berbayar seperti Parallels Desktop 18, yang mengunduh Windows dan mengatur semuanya untuk Anda. Anda bahkan dapat menjalankan aplikasi Windows berjendela bersama perangkat lunak macOS standar jika yang Anda pedulikan adalah kompatibilitas (bukan mode desktop penuh). VirtualBox dengan dukungan asli Apple Silicon. Pengguna Mac lama yang memiliki chip Intel dapat menggunakan sebagian besar solusi yang sama, atau menginstal Windows menggunakan Boot Camp.

Anda bahkan tidak perlu membayar untuk Windows, karena fungsi inti gratis jika Anda dapat menggunakan tombol “Activate Windows” di sudut layar. Jika tidak, lisensi Windows 11 standar Anda dapat mengaktifkan Windows di ARM (karena Anda belum dapat secara khusus membeli versi ARM saja). Memilih MacBook yang Tepat

Lihat kumpulan MacBook terbaik kami untuk mengetahui notebook Apple mana yang terbaik untuk Anda. Perlu diingat bahwa notebook Apple bukanlah perangkat portabel terbaik untuk semua orang, dan jika anggaran Anda terbatas, maka M1 Mac mini mungkin pilihan terbaik untuk uang Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.