10 Fitur Nintendo Switch yang Harus Anda Gunakan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Nintendo Switch adalah konsol genggam yang fantastis, dan meskipun tidak dilengkapi fitur seperti PC game (atau bahkan beberapa konsol lainnya), ada beberapa fitur bermanfaat yang mungkin tidak Anda ketahui.

Connect Beberapa Perangkat USB

Nintendo Switch memiliki port USB Type-C di bagian bawah konsol, sebagian besar ditujukan untuk mengisi daya dan menyambungkan ke dok TV yang disertakan. Namun, port tersebut juga berfungsi dengan banyak aksesori USB Type-C, dan bahkan beberapa perangkat USB Type-A dengan adaptor yang tepat. Dock memiliki port USB ukuran penuhnya sendiri, tetapi Anda tidak perlu menyambungkan Switch untuk mencoba aksesori USB.

Anda dapat menggunakan sebagian besar adaptor Ethernet USB dengan Switch, yang dapat berguna dalam situasi di mana koneksi Wi-Fi sedang tidak bisa diandalkan. Nintendo menyertakan port Ethernet di dok yang disertakan dengan OLED Switch, dan Anda bisa mendapatkan pengalaman yang sama di dok lain (atau dalam mode genggam) melalui USB.

Keyboard USB juga didukung, yang dapat digunakan untuk mengetik teks alih-alih keyboard di layar di banyak game dan aplikasi. Itu sangat membantu untuk game yang mendukung pengiriman pesan teks dengan pemain lain, seperti Animal Crossing: New Horizons, atau mencari game di eShop. Beberapa game bahkan mendukung keyboard untuk gameplay, meskipun biasanya tidak didokumentasikan dengan baik — Bethesda’s Doom (1993) dan Doom II untuk Switch menerima input keyboard, tetapi itu tidak disebutkan di mana pun di halaman toko.

Port bahkan berfungsi dengan banyak adaptor dan perangkat audio USB — Saya telah menggunakan headset SteelSeries Arctis 1 dengan Switch saya beberapa kali, yang dapat menjadi alternatif latensi rendah untuk audio Bluetooth, dan banyak headset lain yang kompatibel. Sayangnya, drive eksternal, mouse komputer, dan jenis perangkat lain tidak didukung, tetapi port USB membuka beberapa fungsi yang berguna.

Mengubah Tombol Pengontrol

Sebagian besar game PC memungkinkan Anda mengubah tombol mana yang melakukan tindakan tertentu, dan Nintendo Switch memiliki fungsi yang sama pada tingkat sistem-lebar. Buka Pengaturan di Sakelar Anda, lalu navigasikan ke Pengontrol dan Sensor > Ubah Pemetaan Tombol.

Menu Pemetaan Tombol memungkinkan Anda mengubah fungsi setiap tombol — misalnya, Anda dapat menukar tombol A dan B jika diinginkan. Ia bekerja dengan Joy-Cons dan Nintendo Switch Pro Controller, serta gamepad pihak ketiga yang mengemulasi Pro Controller.

Yang terbaik, Anda dapat menyimpan pengaturan sebagai Preset, lalu beralih di antara pengaturan tersebut sesering yang Anda inginkan. Jika Anda hanya memerlukan kontrol khusus untuk game tertentu, mudah untuk beralih antara preset sesuai kebutuhan.

Jelajahi eShop dari Browser Anda

Nintendo eShop adalah tempat untuk mengunduh game dan aplikasi di Switch Anda, tetapi ini bisa menjadi lambat dan membuat frustrasi pengalaman di Switch, terutama saat menggulir halaman yang panjang. Untungnya, ada alternatif: gunakan eShop di browser web.

Anda dapat menelusuri semua game digital untuk Switch dengan mengunjungi nintendo.com/store/games di browser web. Sama seperti di Switch, Anda dapat mencari judul, dan menggunakan filter berbeda untuk mengurutkan berdasarkan genre dan harga. Anda juga dapat mengklik tombol hati untuk menambahkan game ke Daftar Tontonan Anda, yang disinkronkan dengan Daftar Tontonan di eShop Switch. Ini jauh lebih cepat dan lebih responsif daripada eShop di konsol Switch.

Saat Anda siap untuk membeli game (atau hanya mengunduhnya, jika itu adalah unduhan gratis), Anda akan diminta untuk masuk dengan Akun Nintendo yang sama di Sakelar Anda. Setelah selesai, game akan mulai diunduh di Switch — sama seperti menginstal aplikasi atau game Android dari situs web Play Store.

Atau, Anda dapat membeli game digital di toko ritel seperti Amazon dan Target, yang menyediakan kode yang Anda masukkan di Switch eShop (atau dari halaman ‘Redeem Code’ di toko online). Itu biasanya tidak lebih mudah atau lebih murah daripada menggunakan Nintendo eShop secara langsung, tetapi jika Anda memiliki program hadiah di toko tertentu yang memberi Anda uang kembali untuk pembelian, itu mungkin sepadan dengan kerumitannya.

Tahan Tombol Beranda

Tombol Beranda di sebelah kanan Joy-Con membawa Anda ke layar beranda Switch, tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menahannya untuk membuka panel akses cepat? Panel memiliki penggeser untuk kecerahan dan volume layar, serta sakelar untuk Mode Pesawat dan tombol untuk mengalihkan konsol ke mode tidur.

Yang terbaik, membuka panel tombol beranda tidak menghentikan atau menghentikan permainan Anda seperti menekan tombol beranda tombol tidak. Anda dapat menutupnya dengan menekan tombol B, atau dengan menahan tombol Home lagi.

Hubungkan Headphone Bluetooth

Nintendo Switch memiliki jack audio 3,5 mm untuk menghubungkan headphone berkabel, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menghubungkan perangkat audio USB ke Type- pelabuhan C. Nintendo juga menambahkan dukungan untuk menghubungkan headphone Bluetooth pada September 2021, yang dapat Anda atur dari bagian ‘Bluetooth Audio’ di aplikasi Pengaturan.

Meskipun opsi ini membantu, karena memungkinkan Switch untuk bekerja dengan earbud nirkabel sejati seperti Apple AirPods , itu tidak sempurna. Ada sedikit keterlambatan dalam suara dibandingkan dengan headphone berkabel atau speaker Switch itu sendiri, dan Anda hanya dapat menghubungkan dua pengontrol secara bersamaan dengan perangkat Bluetooth (bukan empat biasa).

Ada beberapa adaptor untuk Switch yang dapat ditingkatkan Headphone Bluetooth, tetapi Anda harus mencoba opsi bawaan terlebih dahulu — ini mungkin cukup baik untuk Anda!

Tonton Layanan Streaming

Nintendo Switch adalah konsol game pertama dan terutama, tetapi ada juga beberapa layanan streaming yang tersedia sebagai aplikasi gratis di Beralih eShop. Mulai Juli 2022, Anda dapat menonton Hulu, YouTube, Twitch, Funimation, Crunchyroll, dan Pokémon TV di Switch. Tidak ada aplikasi untuk Netflix, Amazon Prime Video, HBO Max, atau layanan streaming lainnya.

Jika Anda tidak memiliki tablet di dekat Anda, layar 6,2 inci di Nintendo Switch biasa bukanlah cara terburuk untuk mengejar ketinggalan The Orville atau Serang Titan. OLED Switch adalah pilihan yang lebih baik lagi, dengan layar 7 inci yang lebih besar dan kualitas tampilan yang lebih tinggi.

Aplikasi streaming di Switch juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk aplikasi streaming dengan harga rendah -akhiri TV pintar atau kotak streaming. Misalnya, Hulu di Switch jauh lebih responsif daripada Hulu di TV pintar Samsung saya. Bergantung pada usia TV atau kotak streaming Anda, Switch Anda mungkin memiliki lebih sedikit masalah konektivitas, karena Switch mendukung Wi-Fi 5.

Play Online Tanpa Langganan

Sebagian besar game untuk Nintendo Switch memerlukan langganan Switch Online berbayar untuk bermain dengan teman-teman. internet. Biaya untuk satu pelanggan adalah $3,99 per bulan, atau $19,99 per tahun, dan ada paket keluarga hingga delapan orang dengan biaya $34,99/tahun. Itu bukan harga yang buruk, terutama mengingat Anda mendapatkan cadangan penyimpanan cloud dan fitur lainnya juga, tetapi masih berlangganan lain untuk mengikuti.

Kitten Squad adalah salah satu game yang tidak memerlukan langganan Switch Online Arcade Distillery / Nintendo

Untungnya, beberapa game menggunakan mereka server sendiri untuk bermain online, dan tidak memerlukan langganan Switch Online untuk bermain dengan orang lain. Fortnite, Apex Legends, Asphalt 9: Legends, dan Paladins adalah beberapa di antaranya — ada beberapa daftar tidak resmi dengan contoh lainnya.

Tidak mengherankan, Nintendo tidak menawarkan cara mudah untuk mencari game online yang tidak memerlukan langganan berbayar, tetapi Anda dapat memeriksa sendiri game apa pun. Halaman eShop untuk game akan menyertakan pesan seperti “perangkat lunak ini menyertakan fitur online yang memerlukan keanggotaan Nintendo Switch Online” atau “Keanggotaan Nintendo Switch Online diperlukan untuk bermain online” di dekat bagian bawah daftar. Jika Anda tidak melihat pesan seperti itu, atau hanya merujuk pada Simpan Cadangan, Anda sebaiknya melakukannya.

Gunakan Pengisi Daya dan Baterai Pihak Ketiga

Nintendo Switch menggunakan standar pengisian USB Power Delivery (USB-PD) yang sama seperti kebanyakan perangkat dengan port Tipe-C. Itu berarti Anda dapat menggunakan hampir semua pengisi daya USB atau baterai portabel untuk menyalakan Switch Anda saat bepergian, selama pengisi daya mendukung daya 18W atau lebih. Semuanya, mulai dari pengisi daya MacBook Pro hingga baterai Anker harus berhasil.

Pengiriman Daya USB mungkin tidak semenarik beberapa tahun yang lalu, tetapi saya masih suka menggunakan adaptor daya yang sama untuk mengisi daya laptop, ponsel, dan Switch saya ketika saya bepergian. Ini juga merupakan peningkatan dari konsol genggam Nintendo sebelumnya, yang menggunakan konektor pengisian daya berpemilik (yang secara teknis masih USB).

Meskipun Anda dapat menggunakan sebagian besar pengisi daya USB dengan Switch dalam mode genggam, Anda tidak boleh menggunakan adaptor dinding pihak ketiga dengan TV dermaga. Nintendo Switch jauh lebih pemilih dengan voltase saat dicolokkan ke dok, dan menggunakan pengisi daya dinding tidak resmi dengan dok (atau dok pihak ketiga) dapat merusak konsol Anda. Jika adaptor dinding untuk dok berhenti berfungsi, Anda harus mendapatkan pengganti resmi dari Nintendo.

Periksa Joy-Con Drift

Kegagalan perangkat keras yang paling umum pada konsol Nintendo Switch adalah Joy-Con drift — di mana kontrol menempel pada pengontrol Joy-Con yang disertakan tidak melaporkan arah yang benar. Jika Anda pernah melihat karakter dalam game Anda bergerak saat Anda tidak menyentuh pengontrol, salah satu (atau keduanya) stik kontrol Anda mungkin bermasalah.

Sangat mudah untuk memeriksa apakah stik kontrol Anda tidak berfungsi dengan benar. Buka Pengaturan Sistem, lalu navigasikan ke Controllers and Sensors > Calibrate Control Sticks. Kemudian pindahkan salah satu tongkat, dan Anda akan melihat layar kalibrasi. Jika simbol plus (+) tetap berada di tengah lingkaran, Anda tidak perlu khawatir.

Gunakan Non-Switch Controllers

Pengontrol resmi Nintendo bisa mahal — sepasang Joy-Cons baru biasanya berharga $80, sedangkan Pro Controller akan membuat Anda kembali sekitar $70. Jika Anda sudah memiliki pengontrol yang Anda sukai, atau Anda tidak menyukai gamepad Nintendo karena alasan tertentu, ada opsi lain.

Selain semua pengontrol pihak ketiga yang dirancang untuk Nintendo Switch, seperti 8Bitdo Pro 2 dan gamepad PowerA berlisensi resmi , Anda juga dapat menggunakan adaptor untuk menghubungkan pengontrol yang ditujukan untuk konsol lain. Adaptor 8Bitdo 2 dapat dihubungkan ke dok Switch (atau konsol itu sendiri, menggunakan dongle yang disebutkan di atas), dan berfungsi dengan pengontrol asli untuk Xbox One/Series, PlayStation 3/4/5, dan bahkan Wii. Saya sering menggunakan adaptor dengan gamepad Xbox Core, yang lebih nyaman bagi saya daripada Pro Controller resmi Nintendo.

Satu-satunya hal yang menarik dengan adaptor seperti perangkat 8Bitdo adalah Anda tidak mendapatkan semua fitur pengontrol. Mengetuk figur Amiibo hanya berfungsi dengan pengontrol Nintendo sendiri, dan getaran HD Rumble bekerja paling baik dengan Joy-Cons resmi. Jika Anda akhirnya membeli adaptor, ingatlah untuk mengaktifkan ‘Pro Controller Wired Communication’ dari Controllers and Sensors Settings.

Itulah berita seputar 10 Fitur Nintendo Switch yang Harus Anda Gunakan, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.