12 Fitur Apple TV Yang Harus Anda Gunakan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apple TV dan platform tvOS memungkinkan Anda melakukan streaming video dengan mudah, mentransmisi perangkat seluler secara nirkabel, dan bahkan bermain game di TV Anda. Jika Anda memilikinya atau sedang berpikir untuk mendapatkannya, berikut adalah beberapa fitur terbaik yang harus Anda manfaatkan.

AirPlay dari iPhone, iPad, atau Mac Anda

AirPlay dulunya menjadi alasan untuk membeli sebuah Apple TV tetapi fitur tersebut telah masuk ke TV seperti rentang OLED LG. Apple TV mungkin tidak diperlukan jika Anda telah memutakhirkan dalam beberapa tahun terakhir. AirPlay memungkinkan Anda mentransmisi secara nirkabel dari iPhone, iPad, atau Mac ke Apple TV. Ini memungkinkan Anda mengeluarkan audio dan video atau mencerminkan layar Anda tanpa perlu bangun dan mencolokkan sesuatu. Apple TV Anda seharusnya “berfungsi” dengan sumber AirPlay Anda setelah diatur. Anda dapat men-tweak lebih lanjut pengaturan ini untuk meminta persetujuan manual atau membuka protokol hingga hampir semua orang dalam jangkauan di bawah Pengaturan > AirPlay dan HomeKit. Anda dapat memilih antara Semua Orang, Siapa pun di Jaringan yang Sama, Hanya Orang yang Berbagi Rumah Ini (anggota jaringan Berbagi Rumah Anda), atau Memerlukan Kata Sandi untuk mengunci semuanya.

Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat menggunakan kotak Sedang Diputar di Kontrol Pusatkan di iPhone atau iPad, atau Pusat Kontrol di Mac untuk mentransmisikan audio atau gunakan opsi “Screen Mirroring” untuk mencerminkan semua yang ada di perangkat Anda sehingga seluruh ruangan dapat melihatnya.

Ingat bahwa AirPlay memiliki batasan bandwidth, jadi resolusi tinggi Video (4K) yang direkam dalam HDR, atau yang menggunakan frekuensi gambar tinggi (seperti 60 bingkai per detik atau lebih tinggi), mungkin macet dan gagap tergantung pada usia perangkat Anda, jaringan, dan gangguan di sekitar. screen saver yang indah dengan tvOS berputar di sekitar salah satu dari empat tema (Lanskap, Bumi, Bawah Air, dan Cityscape). Anda dapat mengubah berapa lama ini muncul, tema mana yang Anda lihat, dan frekuensi TV memeriksa yang baru di Pengaturan > Umum > Penghemat Layar.

ApplebspAnda dapat memicu penghemat layar ini secara manual dari layar Beranda. Jika Anda memiliki remote Siri generasi kedua (dengan tombol “ Berbagi dengan mengaktifkan “Berbagi Media”. Ada juga dukungan untuk streaming UPnP/DLNA menggunakan VLC dan Plex (sebut saja beberapa) yang dapat mengakses server media apa pun yang berjalan di lokal Komputer Windows, Mac, atau Linux (atau bahkan drive NAS).

Mengontrol TV dan Receiver Anda

Anda dapat mengganti hampir sepenuhnya perangkat lunak dan remote TV Anda dengan Apple TV, asalkan Anda mengatur semuanya dengan benar. Satu sakelar di bawah Pengaturan > Remote dan Perangkat yang disebut “Kontrol TV dan Penerima AV” memungkinkan hal ini, sementara mengaktifkan “Kontrol Volume” berfungsi melalui inframerah seperti remote standar TV Anda.

ApplebspUntuk hasil terbaik, Anda juga harus mengaturnya di TV menggunakan HDMI-CEC. Setiap produsen memiliki nama yang berbeda untuk teknologi ini seperti SimpLink (LG), Anynet+ (Samsung), BRAVIA Sync (Sony), dan sebagainya. Anda perlu mempelajari panel pengaturan TV dan bereksperimen untuk mengatur semuanya dengan cara Anda ingin.

Mengaktifkan pengaturan terkait dengan daya HDMI (seperti “Matikan Otomatis” pada perangkat Samsung) akan memungkinkan Anda menghidupkan atau mematikan TV bersama Apple TV Anda. Ini secara efektif memungkinkan Anda menggunakan remote Apple TV untuk menyalakan TV dan melihat konten, dengan asumsi Anda menyetelnya ke saluran HDMI yang sama.

Akses Fitness+ Workouts

Mungkin implementasi terbaik dari langganan Fitness+ premium Apple, aplikasi Fitness di Apple TV Anda (termasuk dengan tvOS 16) menempatkan olahraga pilihan Apple di ruang tamu Anda. Ingatlah bahwa Anda harus berlangganan Fitness+ atau memiliki langganan Apple One yang memenuhi syarat untuk mengakses latihan Fitness+.

Luncurkan aplikasi dan pilih nama Anda untuk masuk (Anda harus menautkan Fitness+ ke ID Apple agar dapat kerja). Anda kemudian akan melihat permintaan di Apple Watch untuk mengetuk Hubungkan, lakukan itu dan Apple TV dan Apple Watch Anda akan disinkronkan dan siap digunakan.

Tautkan HomePod, HomePod mini, atau Stereo Pair

Anda dapat menautkan Apple TV dengan HomePod, HomePod mini, atau sepasang speaker dengan jenis yang sama untuk mengeluarkan audio dari aplikasi streaming (video dan musik) dan game. Ini bekerja paling baik dengan HomePod asli, yang sejak itu dihentikan oleh Apple. Sepasang speaker HomePod asli dapat menghasilkan suara surround Dolby Atmos 5.1 atau 7.1 secara nirkabel menggunakan Apple TV Anda, sedangkan speaker mini HomePod dapat menghasilkan suara stereo (2.1). iPad, atau Mac, dan tetapkan Apple TV dan HomePod (atau pasangkan) ke ruangan yang sama. Saat berikutnya Anda menyalakan Apple TV, Anda akan melihat permintaan untuk menyelesaikan proses. Alternatifnya, buka Pengaturan > Video dan Audio > Keluaran Audio dan pilih speaker atau pasangan yang diinginkan. Pasangan mini HomePod

, satu HomePod, atau satu HomePod mini tidak dapat menghasilkan suara surround Dolby Atmos 5.1 atau 7.1 tetapi mungkin masih terdengar lebih baik daripada Anda speaker bawaan TV. Anda juga tidak dapat mencampur dan mencocokkan rangkaian perangkat, Anda memerlukan dua speaker yang sama (HomePod atau HomePod mini) untuk pasangan stereo.

Mengontrol Perangkat Rumah Pintar Anda

Anda harus menyiapkan perangkat rumah pintar menggunakan aplikasi Rumah di iPhone, iPad, atau Mac, tetapi setelah Anda melakukannya, Apple TV Anda dapat berfungsi sebagai hub untuk perangkat yang telah terhubung. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan tombol Rumah di remote Anda, lalu pilih ikon “Rumah” untuk melihat perangkat yang terhubung.

ApplebspAnda dapat memicu adegan yang telah Anda atur dari sini, atau minta Siri melakukannya dengan menekan dan menahan Siri trigger pada remote Anda.

Gunakan Apple TV Anda sebagai Tampilan Ruang Konferensi

Jika kantor Anda menggunakan sebagian besar perangkat Apple, Anda mungkin tertarik dengan mode Tampilan Ruang Konferensi Apple TV yang dapat dialihkan di bawah Pengaturan > AirPlay dan HomeKit.

Setelah Anda mengaktifkannya , Anda dapat menyetel pesan khusus dan foto latar belakang agar sesuai dengan merek atau dekorasi Anda. Apple TV akan menampilkan informasi untuk memudahkan siapa pun yang melihat TV untuk terhubung dengan cepat melalui AirPlay (termasuk jaringan yang terhubung dan nama Apple TV).

Ini membuat Apple TV bagus untuk lingkungan di mana berbagi layar atau menampilkan dengan cepat mematikan foto dan video bermanfaat.

Mendengarkan dengan AirPods atau Headphone Lain (dengan Audio Spasial)

Jika Anda memiliki AirPods, keduanya akan dipasangkan secara otomatis dengan Apple TV asalkan dipasangkan dengan perangkat yang menggunakan ID Apple yang sama. Dari sini, Anda dapat mengetuk dan menahan tombol “Home” di remote Anda, pilih tombol streaming (terlihat seperti segitiga dengan beberapa lingkaran di belakangnya), lalu pilih AirPods Anda dari daftar output.

Apple’s AirPods Pro, AirPods Max , AirPods generasi ketiga, dan Beats Fit Pro dapat memanfaatkan Audio Spasial di app yang didukung. Itu berarti suara surround yang mengesankan dengan dukungan Dolby Atmos untuk Apple Music, Apple TV+, Netflix, dan platform streaming lainnya. Ini hanya berfungsi pada Apple TV 4K generasi pertama (2017) dan yang lebih baru.

Anda dapat memasangkan headphone Bluetooth standar di bawah Pengaturan > Remote dan Perangkat > Bluetooth. Anda harus memasukkan mode berpasangan pada headphone Bluetooth Anda dan kemudian memilihnya di Apple TV Anda di bawah “Perangkat Lain” di bagian bawah daftar perangkat Bluetooth. Jangan Lupakan Aplikasi Favorit Anda

Fitur-fitur ini adalah tambahan yang bagus tetapi sebagian besar waktu yang Anda habiskan dengan Apple TV akan dihabiskan untuk menonton video atau mendengarkan musik. Anda dapat mengambil berbagai macam aplikasi untuk layanan seperti Netflix, Spotify, Disney+, TV catch-up regional, saluran khusus online, dan lainnya di App Store.

Pastikan Apple TV Anda sesuai dengan kemampuan TV Anda saat ini. Jika Anda masih memiliki Apple TV HD dari tahun 2015, Anda memerlukan Apple TV 4K (dari tahun 2017) atau lebih baru untuk memanfaatkan piksel tambahan. Apple TV generasi ketiga menggabungkan A15 Bionic, HDR10+, dan Siri Remote dengan kemampuan pengisian daya USB-C. Ingin mengetahui statistik streaming yang mendetail? Aktifkan menu pengembang di Apple TV.

AndaDisadur dari HowToGeek.com.